Karimun Dapat Jatah 549 Perumahan Swadaya Dari Kementerian PUPR

  • Senin, 20 Maret 2017 - 19:43:52 WIB | Di Baca : 435 Kali

TEBING, SeRiau - Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengatakan, Kabupaten Karimun akan mendapatkan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupa perumahan swadaya, yang dianggarkan tahun ini sebanyak 549 unit.


Menurutnya, jatah daru 549 unit itu akan diprioritaskan kepada masyarakt di empat Kecamatan diantaranya, Kecamatan Kundur, Kecamatan Kundur Barat, Kecamatan Belat dan Kecamatan Buru. Selain itu masing-masing unit akan menerima bantuan senilai Rp15 juta.


"Nilai Rp15 juta itu adalah untuk membantu melengkapi fasilitas rumah masyarakat. Misalnya kalau ada yang belum punya WC, atau ada yang dindingnya sudah rusak, atap rumah yang bocor dan sebagainya. Kemudian untuk merealisasikan bantuan itu terlebih dahulu harus dilaksanakan verifikasi dan sosialisasi sebagaimana yang digelar hari ini oleh Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Kebersihan," ucap Anwar usai membuka kegiatan verifikasi dan sosialisasi kegiatan perumahan swadaya, di Hotel Alishan, Senin (20/3).

Loading...


Menurut Anwar, memang kegaitan perumahan swadaya mirip dengan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), hanya saja bedanya program tersebut lebih kepada perbaikan fasilitas pada rumah milik masyarakat yang didanai Kementerian PUPR. Sedangkan kriteria penerima bantuan menurutnya baru dapat diketahui saat disampaikannya materi oleh narasumber pada kegiatan verifikasi dan sosialsiasi tersebut.


Anwar berharap, para peserta yang mengikuti pelatihan tersebut hendaknya dapat betul-betul memahami verifikasi dan sosialisasi yang dilaksanakan. Karena semua yang ikut merupakan ujung tombak pada daerah masing-masing. "Tidak semua masyarakat dapat menerima program ini, untuk itu para Camat, Kepala Desa dan Lurah nantinya jangan memaksakan kehendak ketika akan merealisasikan bantuan yang diterima. Harus betul-betul teliti dan sesuai apa yang diinstruksikan oleh narasumber hari ini," tegasnya.


Sementara Kabid Perumahan dan Kawasan Pemukiman Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Kebersihan Kabupaten Karimun, Rita Agustina yang juga sebagai panitia pelaksana mengatakan, para peserta yang hadir terdiri dari para camat se Kabupate Karimun, Kepala Desa dan Lurah dengan total sebanyak 57 orang. Dengan menghadirkan pemateri berkompeten dari Kementerian PUPR.


"Perumahan swadaya ini adalah bersumber dari APBN melalui Kementerian PUPR, sebelum direalisasikan maka harus dilakukan verifikasi terlebih dahulu, yang disejalankan dengan sosialisasi selama dua hari," katanya.(*)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar