Sisilita Buka Gebyar PAUD. "Mari Ciptakan PAUD Berkualitas"

  • Rabu, 01 November 2017 - 10:41:17 WIB | Di Baca : 170 Kali

Pekanbaru, SeRiau - Dinas Pendidikan Provinsi Riau melaksanakan Gebyar PAUD Tingkat Provinsi Riau. Kegiatan yang diikuti bunda PAUD kabupeten/ kota se Riau ini dibuka oleh Bunda PAUD Provinsi Rau Sisilita Arsyadjuliandi, Selasa (31/10) malam di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru

Dalam sambuatan, Siislita yang juga istri Guberbur Riau ini mengatakan dengan dilaksanakan kegiatan Gebyar Paud ini menunjukan komitmen bersama terhadap kemajuan pendidikan paud di Provinsi Riau. Pencanangan gerakan nasional paud berkualitas, Riau khususnya dan kabupaten/kota sudah harus berbenah diri untuk menjawab apa dan bagaimana paud yang berkualitas. Pendidikan anak usia dini sangat penting, kebutuhan masyarakat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangkan anak secara holistik lewat layanan pendidikan anak usia dini semakin meningkat. 

Pengembangan program paud kian hari terus  dilakukan dengan melihat kebutuhan dan tuntutan orang tua, keluarga dan masyarakat yang memerlukan perluasan akses dan peningkatan mutu layanan pendidikan yang berkualitas." Memiliki anak yang cerdas dan berprestasi merupakan harapan bagi semua orang tua maka pengembangan kreatifitas sangat penting karena kreatifitas berpengaruh dalam aspek pengembangan anak usia dini. Apabila kemampuan kreatifitas tidak dikembangkan sejak dini maka kecerdasan dan kelancaran dalam berfikir anak akan kurang," kata Sisilita.

Gebyar paud, kata Sisilita merupakan salah satu ajang kreatifitas bagi anak dan sekaligus memberikan apresiasi dan penganugrahan kepada bunda paud. 

Menurut hasil penelitian 0-6 tahun merupakan usia perkembangan emas saat fisik dan otak anak berada dimasa pertumbuhan terbaiknya. Dimana kemampuan otak menyerap informasi sangat tinggi. Dimasa ini, stimulasi  pendidikan yang positif sangat penting bagi perkembangan anak karena stimulasi yang tidak tepat akan berdampak negatif bagi kehidupan  selanjutnya dan tidak dapat di perbaiki.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Rudyanto mengatakan Gebyar paud ini merupakan wahana  untuk mendorong pendidikan anak usia dini dalam membentuk katakter anak yang bermoral, berahklak mulia, kreatif, inovatif dan kompetitif. 

Melalui kegiatan yang berkaitan dengan kreatifitas dan inovasi anak usia dini dari usia 3-6 tahun akan bermanfaat hingga pada tumbuh kembangkan rasa sosial dan kepekaan anak anak berintegritas. Peserta kegiatan gebyar paud yakni bunda paud kabupaten/kota, bunda paud kecamatan masing kabupaten/kota, bunda paud kelurahan/desa,  camat dan lurah yang ditunjuk masing kabupaten kota serta pendamping anak, guru paud non PNS  dalam masa pengabdian 20 tahun keatas dengan total peserta 156 orang.

" Saya berharap dengan adanya pelaksanaan gebyar paud dapat mengembangkan tumbuh kembang anak secara menyeluruh dengan menstimulasi intelektual dan potemsi pada diri anak.pemelihraan kesehatan,pemberian nutrisi dan penyedian kesemoatan untuk mengekspolarasi dan belajar secara akyig," kata Rudi (zal)



Berita Terkait

Tulis Komentar