Ternyata Pabrik Kembang Api yang Meledak Izinnya Pabrik Mainan

  • Senin, 30 Oktober 2017 - 16:40:39 WIB | Di Baca : 62 Kali

 


Serang, SeRiau- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten mengungkapkan izin prinsip PT Panca Buana Cahaya Sukses yang meledak di Kosambi, Kabupaten Tangerang untuk alat permainan anak-anak. Izin itu diajukan pada 2015 lalu.

"Yang terkait musibah kemarin PT Panca Buana Cahaya Sukses tahun 2015 memang mengajukan izin prinsip di mana izin prinsip itu di bidang usaha industri alat permainan anak. Rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh PT Panca Buana Cahaya Sukses itu," ujar Kepala Bidang Pelayanan DPMPTSP Provinsi Banten Deden Indrawan saat dikonfirmasi, Senin (30/10/2017).

Setelah izin prinsip itu ada, kata Deden, perusahaan yang sudah diterima seyogyanya membuat Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM). Namun, sejauh ini, ia tidak mengetahui apakah perusahaan itu melakukan laporan kepada dinas perizinan setempat.


"Ini juga sebetulnya dalam 3 bulan sekali kewajiban daripada izin prinsip yang sudah diterima itu harus membuat laporan LKPM. Jadi kami tidak tahu apakah dilakukan tidak oleh perusahaan itu laporan 3 bulan sekali sampai dengan kegiatan itu berjalan," ujarnya.

Deden merasa heran saat musibah ledakan di pabrik yang diketahui milik PT Panca Buana Cahaya Sukses berisi kembang api dan menewaskan puluhan korban jiwa. Padahal, kata dia, izin prinsip yang tertera bergerak di bidang permainan anak-anak.

Dengan demikian, pihaknya bingung apakah kembang api yang diproduksi perusahaan tersebut masuk dalam kategori permainan anak-anak atau bukan.

"Bidang usahanya di izin prinsip terteranya di bidang permainan anak-anak. Jadi kalau di berita itu kan pabrik mercon ya. Nah ini masuk kategori permainan anak-anak atau bukan kami juga tidak paham akan hal itu," tutupnya. (Sumber : Detiknews.com)



Berita Terkait

Tulis Komentar