356 Siswa MAN 2 Pekanbaru Diserahkan Kembali ke Orangtua. Ini Pesan Plh Kemenag Riau dan Kemenag Kota Pekanbaru

  • Kamis, 23 Mei 2024 - 19:28:06 WIB | Di Baca : 358 Kali

 

Seriau,- Sebanyak 356 siswa MAN 2 Pekanbaru mengikuti Prosesi Perpisahan dan Pengukuhan Siswa Kelas XII Angkatan ke 32 di Gedung SKA CoEx, Kamis (23/5) pagi.

Prosesi ini menandakan resminya para siswa menuntaskan masa studi di madrasah tersebut.

Acara yang dihadiri orangtua dan wali siswa tersebut berlangsung hidmad. Para siswa kelas XII yang lulus juga dipanggil satu persatu untuk pengalungan medali sembari mendapatkan ucapan selamat dari kepala sekolah, wakil dan guru

" Saya ucapkan selamat dan sukses kepada siswa. Ada 356 siswa yang kita kembalikan ke orangtua setelah mereka dibimbing di madrasah selama tiga tahun,” kata Kepala MAN 2 Pekanbaru, Ghafardi.M.PdI disela acara perpisahan .

Ghafardi juga memberikan apresiasi kepada siswa yang lulus diberbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Dari 356 siswa yang lulus, ada 43 siswa diterima diperguruan tinggi ternama di Indonesia.

Selain SNBP, ada 3 siswa MAN 2 yang lulus melalui jalur internasional yakni 2 orang di Nangyang University dan 1 lagi di university yang ada di Hongkong.

Jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi ini, kata Ghafardi, mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hasil SNBP tahun lalu. Tidak hanya jumlah siswa yang mengalami peningkatan, namun universitas tempat kuliah siswa juga didominasi oleh universitas ternama di Indonesia.

Beberapa universitas ternama diantaranya Universitas Indonesia (UI) 1 orang, Institut Teknologi Bandung (ITB) 2 orang, Institut Pertanian Bogor (IPB) 2 orang, Universitas Brawijaya 5 orang.

Selanjutnya, Universitas Andalas (Unand) 11 orang dan Unri sebanyak 4 orang." Jika dilihat dari universitas tahun ini lebih didominasi oleh universitas ternama di Indonesia" kata Ghafardi

Sementara itu Plh Kepala Kanwil Kemenag Riau Dr.H Muliardi. MPd yang hadir pada acara tersebut mengucapkan selamat kepada para lulusan MAN 2 Pekanbaru. Tiga saja pesan saya tolong jaga adab dimana pun alumni berada menuntut ilmu. Siswa juga harus punya karakter dan meraih prestasi." Adab itu lebih tinggi dari ilmu. Itu yang harus dipegang oleh lulusan MAN 2 Pekanbaru" kata Muliardi usai acara.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kota Pekanbaru, Syahrul Mauludi. Dirinya berpesan kepada siswa untuk tetap menjaga karakter yang selama ini telah terjaga dengan baik. Karakter madrasah ini yang membedakan dengan sekolah.

" Oleh sebab itu saya tekankan pendidikan karakter ini harus tetap terjaga, jangan sampai hilang ketika tidak lagi menuntut ilmu di madrasah. Jadi mau jadi apapun alumni, berhasil atau tidak, akhlak madrasahnya jangan sampai hilang," kata Syahrul.

Pada akhir acara dilakulan salam salaman siswa dengan guru. Begitu juga orangtua siswa juga melakukan salam salaman dengan majelis guru. (zal)
 





Berita Terkait

Tulis Komentar