O2SN SMK Tingkat Provinsi

Sekdisdik: Jangan Sekedar Lomba, Pilih Pemenang yang Punya Kemampuan ke Nasional

  • Rabu, 15 Mei 2024 - 13:03:15 WIB | Di Baca : 206 Kali

 

Seriau,- Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMK tingkat Provinsi Riau resmi dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau Edi Rusma Dinata mewakili Kadisdik Riau, Selasa (14/5) malam di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru. Sebelum pembukaan, terlebih dahulu dilalukan defile peserta masing masing daerah serta pembacaan janji wasit dan janji atlet.

Dihadapan peserta lomba dan wasit,  Sekdisdik Riau mengingatkan agar wasit betul betul memilih peserta yang memang punya kemampuan dan kompetensi untuk bisa menjadi pemenang. Jangan ada unsur kedekatan keluarga dan daerah.

" Sesuai dengan janji wasit yang dibacakan, berilah penilaian secara objektif dan transparan. Tidak ada lobi lobi sana sini. Jika peserta memang layak untuk juara, ya harus dijadikan juara. Hal ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal," tegas Edi, saat memberikan kata sambutan di Acara Pembukaan FLS2N SMK Tingkat Provinsi, Selasa (14/5) malam di Hotel Mutiara Pekanbaru

Pentingnya pertandingan yang  sportif, kata Edi, akan mempunyai  nilai plus pada atlet yang dikirim ke tingkat nasional. Karena, ditingkat nasional lawan berat dari seluruh provinsi di indonesia. Begitu juga janji atlet yang dibacakan. Bertandinglah dengan spotif kalah dan menang  itu hal yang biasa." Kalau lawan kita lebih hebat, ya kita harus akui. Kalah terhormat lebih baik dari menang didapat dengan curang," kata Edi.

Edi juga menyarankan agar bidang SMK bisa berkolaborasi dengan pihak sekolah salah satunya dengan SMA SKO Provinsi Riau. Mari duduk bersama, dinas dengan kepala sekolah, rangcang dan gali potensi anak didik yang potensial dan dukung dengan anggaran." Jika ini dilakukan, saya yakin target siswa SMK bisa meraih prestasi di nasional dan internasional bisa," kata Edi.

Sementara itu ketua panitia kegiatan Alman mengatakan jumlah peserta yang mengikuti OS2N SMK ini berasal dari kabupaten kota di Riau. Masing masing mengirimlan 10 peserta putra dan putri. Untuk cabang lomba yang dipertandingkan di FLS2N SMK yakni Renang, Atletik, Pencak Silat, Karate dan Bulu Tangkis

Tujuan FLS2N salah satunya untuk memilih peserta yang akan mewakili Riau ditingkat nasional diperkirakan Bulan Agustus. Selain itu, FLS2N ini untuk menyalurkan talenta peserta didik dalam bidang olahraga serta menyiapkan olahragawan ditingkat nasional dan intenasional sejak usia sekolah." Jadi dengan kegiatan ini bisa mencari bibit berbakat di provinsi Riau untuk disiapkan menjadi atlet yang profesional," kata Alman.

Sebagai wasit dalam FLS2N ini berasal dari organisasi olahraga seperti FORKI, IPSI, PASI, PBSI dan PRSI. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari mulai 14 hingga 17 Mei di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru

Hadir juga saat pembukaan FLS2N, Plh Kabid SMK Disdik Riau Harisman, Ketua MKKS SMK, Kepala SMK dan pembimbing. (zal)
 





Berita Terkait

Tulis Komentar