Siswa Berkebutuhan Khusus Adu Keterampilan di LKS PDBK Tingkat Provinsi Riau

  • Senin, 29 April 2024 - 22:07:12 WIB | Di Baca : 319 Kali

 

Seriau,- Dinas Pendidikan Provinsi Riau kembali menggelar Lomba Kompetensi Siswa Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKS-PDBK) Tingkat Provinsi Riau.

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan anak berkebutuhan khsuus ini resmi dibuka Sekretaris Disdik Riau Edi Rusma Dinata S.Pd., M.Pd Senin (29/4) malam di Hotel Mutuara Merdeka Pekanbaru

Edi Rusma Dinata dihadapan peserta berterima kasih pada panitia dan pejabat terkait. Termasuk kepada bapak ibu guru yang hadir. Tanpa perhatian bapak ibu, dan tanpa kasih sayang kepada para peserta didik, hal ini tak akan terwujud.

Selain itu LKS ini, kata Edi, kegiatan ini akan memilih perwakilan Riau yang akan bertanding di tingkat nasional. Dia yakin, dengan adanya perhatian dari semua pihak, kegiatan ini menjadi ajang meningkatkan sportivitas di dunia pendidikan.

Keterampilan adalah wahana peserta didik untuk mengekspresikan diri. Keterampilan juga punya peran strategis di dunia pendidikan. Dimana siswa bisa menata hati dan tingkah lakukan." Dengan lomba diharapkan sikap sportif dan kompetitif bisa terwujud di tengah keterbatasan yang dimiliki peserta didik," kata Edi, Senin (29/4).

Kepada dewan juri, Edi berharap bisa memberi penilaian yang obyektif. Sehingga hasil lomba lebih optimal. Apalagi, pemenangnya bakal bertanding di kancah nasional. Dia ingin, tidak terjadi gesekan yang bisa mempengaruhi psikologis peserta lomba.

" Ada sembilan lomba. Semua ini bisa jadi sarana mengasah jiwa seni peserta." Selamat berkompetisi bagi peserta. Kami yakin, di tengah keterbatasan, Ananda pasti mampu," ujarnya.

Kepala Bidang PKPLK, Harisman menyampaikan bahwa lomba ini mengharapkan hasil tersendiri. Yaitu, terpilihnya peserta didik jenjang SMPLB dan SMALB untuk mengikuti lomba keterampilan siswa di tingkat nasional.

Hal lain yang ingin dicapai yaitu tersosialisasinya lomba keterampilan siswa nasional peserta didik berkebutuhan khusus kepada masyarakat secara luas.

Sementara Ketua Panitia, Ridwan
Diterangkan Ketua Panitia, Ridwan, lomba ini diselenggarakan untuk memberikan ruang dan kesempatan bagi peserta didik berkebutuhan khusus agar dapat menumbuhkembangkan bakat dan potensi yang mereka miliki.

" Kegiatan LKS juga diselenggarakan untuk menciptakan jiwa kompetitif dan semangat untuk maju di kalangan anak berkebutuhan khusus," kata Ridwan. Hal inilah yang mendorong Disdik menggelar LKS yang menyasar peserta didik SMPLB dan SMALB.

Dijelaskannya, ada sembilan jenis lomba yang dipertandingkan dalam kegiatan ini. Yaitu, menjahit, membatik, hantaran, merangkai bunga, tata boga, kecantikan, kriya kayu, teknologi informasi dan kreasi barang bekas.

Lomba akan dinilai oleh tim juri yang terdiri dari unsur organisasi/lembaga pendidikan, akademisi, sanggar/desainer dan praktisi make up artist. Nantinya, peserta akan memperebutkan hadiah berupa uang tunai jutaan rupiah, piala dan piagam
(zal)
 





Berita Terkait

Tulis Komentar