UIR dan Pemkot Pekanbaru Tandatangani Penjanjian MoU dan Kuliah Umum

  • Sabtu, 23 Maret 2024 - 12:36:24 WIB | Di Baca : 182 Kali

 

Seriau,- Universitas Islam Riau (UIR) kembali melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama. MoU kali ini dijalin antara UIR dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang berlangsung pada Jumat, 22 Maret 2024 di Aula Gedung Pascasarjana UIR.

Berkas diteken oleh Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H.,MCL bersama dengan Pj Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution mewakili Pj Walikota Pekanbaru Muflihun yang berhalangan hadir.

“Pada hari ini kita melakukan perpanjangan kerja sama yang sebelumnya sudah pernah dijalin yaitu bersama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru, sebagai mitra terbaik UIR yang saling membantu”, ujar Rektor.

Kepada tamu undangan Rektor menjelaskan bahwa saat ini UIR sudah beranjak usia menuju 62 tahun. Sebagai kampus tertua di Provinsi Riau dengan label kampus swasta berbasis islam, UIR telah melahirkan 22 orang Guru Besar yang siap membantu pada pengembangan masyarakat dan pemerintah.

Usai penandatanganan MoU kegiatan dilanjutkan dengan Kuliah Umum bertajuk “Program Strategis Pj Walikota Pekanbaru Bidang Pembangunan”, disampaikan oleh Indra Pomi Nasution dan dipimpin oleh Dr. Zulfikri Toguan, SH., MH sebagai Dosen di Fakultas Hukum UIR

“Pembangunan di Kota Pekanbaru tentunya dimulai dari proses transformasi sektor budaya, sektor pemerintah, hingga sektor masyarakat itu sendiri”, papar Indra Pomi.

Tahun 2004 Pekanbaru mulai bertransformasi melahirkan perubahan. Hal ini tentunya disebabkan oleh kebijakan seorang pemimpin memiliki strategis bijak untuk pembangunan daerah karena pemerintah dianggap berhasil apabila perubahan dirasakan oleh masyarakat.

Dengan adanya perubahan tersebut maka dapat meningkatkan pendapatan rata rata masyarakat, kualitas kehidupan masyarakat terutama pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang hanya mengenyam pendidikan selama 9 tahun saja. Artinya saat ini pembangunan tertumpu pada strategi yang dilakukan oleh pemerintah.

Kuliah umum berlangsung interaktif antara pemateri dengan mahasiswa S1, S2, hingga S3 Hukum UIR. Dari Pemko Pekanbaru hadir Kepala BAPEDA, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Koperasi, Kabid Pelayanan Kesehatan, dan Kepala Biro Kesra.

Sedangkan dari UIR hadir Wakil Rektor III UIR Dr. Admiral, S.H.,M.H, Kelapa dan Kadiv KUIK UIR, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana UIR, serta kepala Program Studi S2 dan S3 Hukum UIR. (rls/zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar