FMIPA Kesehatan UMRI Kunjungi BIOAROMATIC Research Centre dan Central Laboratory di UMPSA

  • Jumat, 15 Maret 2024 - 12:24:32 WIB | Di Baca : 219 Kali

 

Seriau,- Dalam kerangka Program Kemitraan Perguruan Tinggi yang didukung oleh PT Pertamina Hulu Rokan, delegasi Fakultas MIPA dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Riau (FMIPA Kesehatan UMRI) mengunjungi BIOAROMATIC Research Centre dan Central Laboratory di Universiti Malaysia Pahang Al-Sultan Abdullah (UMPSA) pada Kamis (7/3/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk menjajaki kolaborasi riset dan inovasi di bidang bahan alam dan turunannya, serta bahan maju yang berpotensi besar dalam aplikasi masa depan, termasuk teknologi baterai.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi UMRI didampingi langsung Wakil Rektor UMRI 3 Bidang Kemahasiswaan, AIK, dan Kemitraan Dr. Jufrizal Syahri, M.Si., serta didampingi Dekan FMIPA Kesehatan Prasetya M.Si, Wakil FMIPA Kesehatan Dekan Delovita Ginting M.Si, dosen program studi kimia antara lain Hasmalina Nasution M.Si, Rahmadini Syafri, B.Sc, M.Sc, Dr. Sri Hilma Siregar, S.Si., M.Sc, Rahmiwati Hilma, S.Si., M.Si, Nurlaili, M.Si, serta mahasiswa Yuni Sholeha, Anggi Putri Rahayu, dan Daviella David.

Kunjungan pertama ke Central Laboratory dipimpin oleh Assoc. Prof. Dr. Hazrulrizawati Binti Abd Hamid, PhD (UMP) B.Sc (UTM). Laboratorium ini berfungsi sebagai pusat layanan teknis, pelatihan, dan konsultasi untuk peneliti dan mahasiswa di UMPSA dan di seluruh Malaysia.

Kunjungan ini menyediakan insight tentang prosedur praktikum mahasiswa dan penelitian di UMPSA. Assoc Prof Dr. Ahmad Salihin Bin Samsudin, Associate Professor PhD (Advanced Materials), memberikan penjelasan mendalam tentang perkembangan bahan maju dan potensi kolaborasi antara FMIPA Kesehatan UMRI dan UMPSA.

Kunjungan kedua ke BIOAROMATIC Research Centre, yang dipimpin oleh Che Mohd Aizal bin Che Mohd, Research Officer BSc. (Industrial Chemistry), membuka perspektif baru terkait bioteknologi industri dan fokus pada penelitian, pengembangan, dan komersialisasi produk bioaromatik. Ini menawarkan peluang ideal bagi dosen dan mahasiswa FMIPA Kesehatan UMRI yang bergerak di bidang bahan alam dan turunannya untuk mengembangkan penelitian.

Kunjungan ini tidak hanya memperkuat hubungan antara FMIPA Kesehatan UMRI dan UMPSA, tetapi juga membuka peluang bagi pengembangan penelitian dan pendidikan di kedua universitas. Hal ini mendukung tujuan Program Kemitraan Perguruan Tinggi yang diinisiasi oleh PT Pertamina Hulu Rokan, menandai langkah penting menuju inovasi dan penelitian yang berkelanjutan di kedua institusi.(rls/zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar