UMRI Segera Punya Prodi Kebidanan Program Sarjana, Tim Evaluasi Cek ke Lapangan

  • Jumat, 01 Maret 2024 - 18:58:37 WIB | Di Baca : 288 Kali

 

Seriau,- Setelah Tim Evaluasi  pendirian Fakultas Kedokteran (FK) datangi UMRI, kini, Tim Evaluasi Pembukaan Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi UMRI melakukan visitasi ke Umri, Jumat (1/3).

Dua evaluator yang hadir dalam kegiatan tersebut. Yaitu, Dr Yanti S.ST., M.Keb dan Sinar Pertiwi S.ST., M.Hith&IntDev. Di samping itu, hadir juga Koordinator Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi Dirjen Diktiristek, Deny Kurniawan, M.Sc., Ph.D dan rombongan.

Rektor UMRI, Dr Saidul Amin, MA mengatakan harapan agar para evaluator bisa merasakan aroma rumah sendiri selama di kampus UMRI. Dia juga berharap ada kritik dan saran untuk kemajuan Prodi ini di masa yang akan datang.

Menurutnya, angka kematian ibu dan anak di Riau masih tergolong tinggi. Sekitar 15 sampai 22 kasus per 1.000 kelahiran. Di banding 2020 memang terjadi penurunan dari 20,9 persen menjadi 15, 9 persen. Akan tetapi jumlahnya masih tergolong tinggi.

" Karena itu, penanganan melalui awal kehamilan sampai akhir masa menyusui sangat penting sekali. Karena itulah, UMRI berupaya melahirkan sarjana kebidanan dan bidan profesi," kata Rektor.

Dikatakan Saidul, mempersiapkan sarjana dan pendidikan profesi bidan bukan hanya untuk satu Prodi. Tapi ini menjadi salah satu upaya mempersiapkan kehidupan manusia.

Sementara, Koordinator Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi Dirjen Diktiristek, Deny Kurniawan, M.Sc., Ph.D berterima kasih karena UMRI ikut berkontribusi membuka Prodi Kebidanan. Ini merupakan bentuk kontribusi nyata mempersiapkan tenaga bidan.

Dia berpesan, calon Kaprodi tidak tegang. Yang penting apa yang ditanya evaluator langsung dijawab tegas. Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Oleh sebab itu tim evaluator diminta mempercepat proses evaluasi lapangan. Sehingga bisa langsung masuk ke tahap evaluasi teknis," kata Deny.

Dr Yanti salah satu Tim Evaluasi Lapangan menyampaikan, ada tiga aspek yang akan mereka lihat. Yaitu, aspek kurikulum, aspek SDM seperti persiapan perekrutan dosen tetap dan aspek yang meliputi sarana dan prasarana. Baik laboratorium, kelas, perpustakaan dan wahana praktik lainnya.

" Akan dilihat paparan keunggulan dari Prodi yang diusulkan ini fokusnya kemana. Kemudian akan ada visitasi lapangan untuk melihat laboratorium unggulannya dan sebagainya," katanya

Sementara Ketua LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma SH, MPd yang turut hadir menyambut baik kegiatan ini. Dia yakin, kegiatan ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh UMRI.

Dia menilai, keberadaan Prodi Kebidanan ini sangat penting. Karena bermanfaat untuk mengatasi masalah tingginya angka kematian di masa melahirkan. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar