Meriahkan Bulan K3 Nasional Dengan Kegiatan Donor Darah dan Pemeriksaan VCT, PT KPI Unit Dumai dan Sei. Pakning Sumbangkan 558 Kantong Darah

  • Kamis, 01 Februari 2024 - 15:09:08 WIB | Di Baca : 241 Kali

 

SeRiau - Dumai,  – Sebagai bagian dari rangkaian dalam memeriahkan Bulan K3 Nasional, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai dan Sei. Pakning selenggarakan kegiatan Donor Darah dan Pemeriksaan Voluntary Counseling and Testing (VCT).

Kegiatan yang dilangsungkan terpisah tersebut, Dumai pada Selasa (30/1) dan Sei. Pakning pada Kamis (1/2), berhasil mengumpulkan 558 Kantong Darah. Tema yang diangkat yaitu “Give Blood, Save Life”.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara PT KPI Unit Dumai dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Dumai, PMI Kota Pekanbaru, PMI Kabupaten Bengkalis, serta Dinas Kesehatan Kota Dumai.

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian Perwira Pertamina terhadap sesama, terutama kepada mereka yang membutuhkan darah.

“Kantong darah yang berhasil terkumpul ini nantinya akan dikelola melalui PMI untuk kemudian disalurkan kepada mereka yang membutuhkan,” ungkapnya.

Agustiawan menambahkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, benar-benar berarti nyawa bagi kehidupan orang lain. Melalui donor darah, sadar atau tidak sadar, telah terjadi simbiosis mutualisme antara pendonor dengan penerima donor, sehingga setiap tetes darah yang disumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.

Menurutnya donor darah dapat mengurangi risiko terjadinya stroke, serangan jantung serta membantu kelancaran peredaran aliran darah (sistem kardiovaskular). Donor darah ini juga mampu memberikan kesehatan psikologis, yang menumbuhkan keinginan untuk berbagi kebahagiaan membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan ini dilakukan rutin 1 kali dalam 3 bulan. Dengan membiasakan diri rutin donor darah, tidak hanya akan memberikan perasaan senang karena dapat membantu sesama, namun juga bermanfaat positif bagi tubuh kita sendiri,” lanjut Agustiawan.

Selain donor darah, PT KPI Unit Dumai dan Sei. Pakning juga menggelar VCT – HIV. Perusahaan bekerjasama dengan Dinkes Kota Dumai dan Kab. Bengkalis dalam skrining dini, sosialisasi dan edukasi pengetahuan tentang VCT – HIV. Hal ini berguna sebagai proteksi dan pencegahan dini.

“Semoga kegiatan ini dapat terus terlaksana secara rutin di tahun-tahun yang akan datang. Harapannya semoga bermanfaat bagi pendonor dan penerima donor,” tutupnya. (rls)
 





Berita Terkait

Tulis Komentar