Usaha Pangkas Binaan Apical di Dumai Ramai Dikunjungi Pelanggan

  • Jumat, 19 Januari 2024 - 14:12:07 WIB | Di Baca : 351 Kali

 

SeRiau - Program pemberdayaan masyarakat dari Apical, yakni pelatihan tukang pangkas yang dimulai tiga tahun lalu kini berbuah manis, setelah Muhammad Zaki, pengelola 'Rumah Pangkas Kita' di Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Dumai, mengaku mulai kewalahan menangani konsumen yang datang.

Diresmikan pada 2020, 'Rumah Pangkas Kita', kini sudah melayani hingga 15-20 orang per hari. UMKM tersebut kini tengah mencari tenaga pendamping untuk membantu Zakki melayani konsumennya. Di masa awal berdiri, maksimal hanya ada sekitar tujuh pelanggan per harinya.

Apical, produsen dan pengekspor minyak sawit dan produk turunannya, menaruh perhatian besar dalam program pemberdayaan masyarakat, terutama mereka yang tinggal di sekitar pabrik atau wilayah operasionalnya.

Dalam sebuah video yang diunggah Apical di akun Youtube resminya pada 5 Januari 2024, Zaki mengakui ia sempat merasa 'down' ketika pertama kali memulai usaha pangkas rambut kecil-kecilan di rumah orang tuanya.

Zaki memang menyukai pekerjaan memangkas rambut sejak SMA.

"Dulu mulai seadanya karena belum ada modal," katanya di video tersebut.

"Sempat down karena nggak ada pelanggan. Mungkin kalau saya nggak ketemu Apical saya udah ganti profesi," kata Zakki, yang kini menjalankan usaha pangkas rambut bersama rekannya.

Ia menambahkan bahwa perwakilan dari Apical, yakni dari PT Sari Dumai Sejati, memang pernah mendatangi kediamannya untuk menawarkan program pelatihan memangkas rambut, ruko yang lebih representatif untuk tempat pangkas, beserta fasilitas peralatan pangkas rambut. Awalnya ada dua pemuda yang dilatih menjadi tukang pangkas, tapi dalam perjalanannya hanya Muhamad Zakki yang bertahan.

Zakki sempat ragu, namun dukungan keluarga terhadap keputusannya tersebut kini mulai berbuah manis. 'Rumah Pangkas Kita' mulai populer, dan hal tersebut menambah kesejahteraan pria yang baru saja menikah tersebut.

Ke depannya, ia mengatakan ingin meningkatkan kualitas layanannya. Itu sebabnya ia ingin menambah pendamping di tempat usahanya tersebut. 
"Saya sangat bersyukur, berterima kasih karena mendapatkan mitra seperti Apical dalam mengembangkan usaha pangkas ini," pungkasnya(.Penulis : Dedi Iswandi)

 





Berita Terkait

Tulis Komentar