Kapolres Siak Wakili Polda Riau Dalam Pengamanan Serah Terima Surat Suara Pemilu 2024

  • Ahad, 07 Januari 2024 - 13:51:08 WIB | Di Baca : 280 Kali

 

SeRiau - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau serahkan surat suara Pemilu 2024 kepada KPU kabupaten dan kota se-Provinsi Riau. Serah terima surat suara tersebut dilaksanakan di Pelabuhan Pelindo Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Sabtu (6/1/2024).

Secara seremonial, pelepasan pengiriman surat suara dilakukan pada pukul 10.00 WIB, yang dalam hal ini AKBP Asep Sujarwadi SIK MSI, selaku Kapolres Siak bertindak mewakili Polda Riau. Kemudian juga hadir dari PLH Ketua KPU Provinsi Riau, Ketua Bawaslu, Danyon A Pelopor Satbrimobda Riau, Danramil 04/Perawang.

Kapolres Siak menyampaikan, bahwa kegiatan serah terima surat suara ini menjadi momen bersejarah yang menunjukkan kesiapan kami dari petugas keamanan, khususnya Polda Riau yang ikut bertanggung jawab dalam mengamankan surat suara dari KPU Provinsi Riau menuju KPU kabupaten yang ada di Riau.

"Dalam giat serah terima surat suara ini, kami dari pihak kepolisian telah menyiapkan ratusan personel gabungan untuk mengamankan dan mengawal surat suara ini, mulai dari pengamanan kedatangan, pembongkaran surat suara sampai dengan pengaman dan pengawalan menuju ke KPU kabupaten daerah," ujar Asep.

Dari data yang didapat bahwa pengamanan dalam pengiriman surat suara pertama ini meliputi surat surat untuk wilayah Kota Pekanbaru, Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Bengkalis, dan Siak. Dan pengiriman di tanggal 7 januari 2024 merupakan sisa kontainer untuk Kota Pekanbaru, Kabupaten Kuantan Singingi dan Pelalawan.

Asep Sujarwadi  juga menyampaikan bahwa Pengiriman dilakukan selama dua hari yaitu mulai pada hari ini tanggal 6 dan 7 Januari 2024 untuk 20 kontainer didalam kapal pertama yang bersandar pada tanggal 5 Januari 2024 di Pelabuhan Pelindo Perawang.

"Tanggung jawab pengamanan dan pengawalan surat suara ini merupakan moment yang bersejarah bagi kami dari pihak kepolisian, walaupun bukan kali ini saja kami melaksanakan tugas ini, tapi ini adalah moment yang sangat bersejarah karna surat suara merupakan wadah dalam menyalurkan aspirasi masyarakat untuk pesta demokrasi yang aman dan damai," pungkasnya.





Berita Terkait

Tulis Komentar