Mahasiswa FIKOM UIR Kompak Khatam Al-Quran dan Gema Dzikir Bersama

  • Sabtu, 23 Desember 2023 - 09:10:33 WIB | Di Baca : 334 Kali

 

Seriau,- Mahasiswa beserta Civitas Akademisi Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Islam Riau (UIR) kompak melakukan kegiatan Khatam Al – Quran setiap tahunnya. Kegiatan berlangsung khidmat di Aula FIKOM UIR pada Jumat, (22/12/2023).

Saat ini FIKOM UIR menjadi satu – satunya Fakultas yang rutin menggelar Khatam Quran. Kegiatan diawali dengan pawai dilingkungan UIR, disusul Gema Dzikir dan Tasbih, serta Tepuk Tepung Tawar.

Menariknya juz 30 yang dibaca secara bergilir oleh mahasiswa seketika mengubah suasana menjadi tenang dan syahdu. Tamu undangan sejenak hening menikmati ayat demi ayat yang dibacakan oleh mahasiswa.

Dr. Muhd. AR Imam Riauan, M.I.Kom selaku Dekan menuturkan, FIKOM UIR akan berupaya menerapkan nilai keislaman dalam setiap aktivitas mahasiswa. Melalui kegiatan ini juga telah mengimplementasikan tiga mata kuliah sekaligus.

“Saat ini FIKOM UR telah berusia 14 tahun, kami telah meluluskan 1187 alumni dan saat ini terdapat 1639 mahasiswa aktif. FIKOM UIR tentunya memiliki target melahirkan mahasiswa berdaya saing global berbasis iman dan taqwa”, papar Dekan.

Wakil Rektor I Bidang Akademik UIR Dr. H. Syafhendry, M.Si beserta pimpinan UIR sangat mengapresiasi acara Khatam Quran, melalui kegiatan ini akan memberi semangat untuk mensyiarkan islam terlebih lantunan doa ditujukan kepada pendiri beserta Civitas yang telah meninggal dunia.

“Semoga kegiatan ini tidak terputus. Implementasi iman dan taqwa dari visi UIR salah satunya terlaksana melalui kegiatan Khatam Quran mahasiswa”, ujar WR I.

Apresiasi serupa juga disampaikan oleh Ketua II Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau Bidang Dakwah dan Sosial H. Rustam Effendi, M.A., M.Si., menurutnya kegiatan ini dapat dijadikan sebagai muhasabah serta evaluasi diri untuk tunduk, patuh kepada Allah SWT.

Hadir juga Dr. Eko Hero, M. Soc., Sc selaku Wakil Dekan III FIKOM UIR, Dr. Fatmawati, S.IP., M.M selaku Kepala Program Studi FIKOM UIR, Ida Wati, M.I.Kom selaku inisiator kegiatan dan juga Dosen FIKOM UIR, serta Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UIR. (rls/zal)
 





Berita Terkait

Tulis Komentar