UMRI Gelar KKN Awards 2023, Rektor : KKN Tahun Depan Sekaligus Bisa Umroh

  • Kamis, 14 Desember 2023 - 10:07:03 WIB | Di Baca : 211 Kali

 

Seriau,- Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) kembali menggelar ajang penghargaan bergengsi bagi para mahasiswanya yakni KKN Awards 2023, bertempat dipelataran parkir Kampus Utama UMRI Jalan Tuanku Tambusai pada Rabu (13/12) malam. Pada tahun ini, juga dilakukan kegiatan KKN Internasional di negara Malaysia.

Sebanyak 1.307 mahasiswa UMRI telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) SMART angkatan XIII tahun 2023 pada bulan Juli - Agustus lalu. Sebagai bentuk apresiasi, UMRI mengadakan KKN Awards tahun 2023.

Pada ajang KKN Awards kali ini, ada 6 kategori yang diperebutkan yakni DPL terbaik dalam kota dan luar kota, Kelompok KKN terbaik dalam dan luar kota, Kelompok KKN Inovatof dan Kreatif, Kelompok KKN Video Cinematic Terbaik, Kelompok KKN Tereksis dan Kelompok KKN Terisolir.

Ketua LPPM UMRI, Aidil Haris mengatakan, banyak suka duka yang dihadapi peserta KKN UMRI tahun 2023. Meski demikian, LPPM UMRI sebagai penyelenggara tetap berupaya meningkatkan pelayanan agar kegiatan KKN berjalan aman dan lancar.

"KKN di Riau, ternyata tidak semistis pelaksanaan KKN di Desa Penari - Banyuwangi. Kondisi jalan yang jelek dan susah dilalui terutama di daerah pedalaman yang ada di Riau, ternyata jauh lebih mistis dan menakutkan. Selain itu, KKN di wilayah Gunung Baru Desa Suliki Kabupaten 50 Kota Sumatera Barat juga meninggalkan cerita tersendiri, karena mereka pernah tersungkur dari motor becak. Lain lagi cerita peserta KKN Internasional di Malaysia yang terkesan ekslusif, namun harus dihadapkan dengan disiplin yang super ketat," kata Aidil Haris saat memberikan kata sambutan.

Rektor UMRI, Saidul Amin mengatakan, acara KKN awards memiliki 2 makna. Semoga tahun depan, KKN internasional bisa dilaksanakan di negara berbeda seperti Arab Saudi dan Filipina.

"Makna pertama, kita berbicara tentang masalah dan kedua kita berbicara tentang masa depan. Saya setuju, banyak kreasi dan inovasi KKN dari tahun ke tahun. Saya minta, Ketua LPPM UMRI untuk mempelajari KKN model terbaru misalnya KKN sambil Umroh di Arab Saudi. Saya juga menyarankan, agar peserta KKN internasional nanti bisa dilaksanakan di daerah Moro Filipina. Sebab kita bertekat, agar UMRI bisa menjadi Digital Universiti tentunya dengan sejumlah tantangan yang dihadapi. Adek-adek mahasiswa harus mampu mengupgrade kemampuan diri, agar tidak tersingkir dengan perkembangan zaman," Sebut Saidul Amin.

Berbeda dengan KKN Awards sebelumnya, kali ini juga ada penghargaan untuk kategori KKN Internasional di Malaysia. Kegiatan KKN Awards 2023 ini juga didukung oleh BPJS Ketenagakerjaan dan PT Bumi Siak Pusako.

Melalui kesempatan ini, juga dilakukan peluncuran sistim informasi penelitian dan pengabdian masyarakat melalui website myresearch.umri.ac.id yang nantinya akan digunakan pada awal tahun 2024. Selain itu, juga dibacakan Surat Keputusan (SK) Rektor terkait penghargaan dosen berprestasi UMRI tahun 2023 bidang riset dan publikasi yakni Zul Azmi (Kategori dosen dengan SINTA score tertinggi), Jufrizal (kategori Dosen produktif publikasi internasional) dan Zul Azmi (kategori Dosen produktif publikasi nasional). (zal/rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar