Ratusan Guru dan Karyawan Sekolah/Madrasah Muhammadiyah Ikuti Upacara HGN dan HUT PGRI ke -78

  • Ahad, 26 November 2023 - 17:18:31 WIB | Di Baca : 541 Kali

 

Seriau,- Bertempat di SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru, para guru dan tenaga kependidikan yang berasal dari sekolah dan madrasah Muhammadiyah se-Kota Pekanbaru dengan jumlah 584 orang mengikuti upacara dalam rangka Hari Guru ke-78 Tahun 2023.  

Upacara yang dilaksanakan pada hari Sabtu, (25/11/2023) sempat mengalami penundaan disebabkan hujan yang mengguyur Kota Pekanbaru sejak malam sampai pagi hari.

"Alhamdulillah, hujan mulai reda dan kegiatan upacara tetap dilaksanakan kendati masih gerimis" ungkap Muswardi, Wakil Kepsek bidang Kesiswaan SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru yang sekaligus Ketua Panitia Pelaksana.

Kegiatan upacara dalam rangka Hari Guru ke-78 ini dipimpin langsung oleh Jabarullah, S.Sos selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaru sebagai pembina upacara. Bertindak sebagai Komandan Upacara, Ketua Majelis DIKDASMEN dan PNF PD Muhammadiyah Kota Pekanbaru, Dr Irwandra MA.

Sementara itu pembaca teks Pancasila adalah Ketua Majelis DIKDASMEN dan PNF PW Muhammadiyah Riau, Dr Harmaini MSi dan pembaca Ikrar Guru, Taharuddin, S.Pd yang menjabat Kepala SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru. Adapun untuk pasukan pengibar bendera dan petugas upacara lainnya berasal dari para guru.

Jabarullah, dalam amanatnya menyampaikan bahwa para guru di samping berperan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, juga sebagai penyampai dan penjaga misi dan visi Muhammadiyah agar berjalan dan tetap dijunjung tinggi di lingkungan sekolah/madrasah Muhammadiyah. Guru adalah garda terdepan bagi keberadaan dan keberlanjutan Muhammadiyah.

Pada bagian lain, juga disampaikan oleh Irwandra, bahwa kami sebagai Pimpinan Majelis DIKDASMEN dan PNF PDM Kota Pekanbaru patut berbahagia dan berbangga karena ini merupakan kegiatan upacara yang pertama kali dilakukan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang melibatkan dan menghimpun seluruh guru dan karyawan di satu tempat. Di samping upacara, kegiatan juga diisi dengan beberapa perlombaan antar sekolah/madrasah.

Peringatan Hari Guru Nasional ke-78 di lingkungan Majelis DIKDASMEN dan PNF PDM Kota Pekanbaru mengambil tema “Guru Hebat, Muhammadiyah Berjaya.” Tema ini memberikan pesan bahwa peran dan keterlibatan guru sangatlah penting dalam mempersiapkan generasi cerdas bagi terwujudnya Muhammadiyah yang berkemajuan.

Perkembangan Muhammadiyah hari ini tidak terlepas dari komitmen, kontribusi dan keikhlasan yang diberikan oleh para guru. Untuk itu lah, kami, lanjut Irwandra, dalam rangkaian upacara juga memberikan persembahan dan bingkisan kepada para guru dan karyawan yang telah memasuki masa purna bakti dalam rentang tahun 2023.(rls/zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar