Pembukaan FIFA World Cup U17 Sukses dan Meriah, Listrik PLN Jadi Andalan

  • Selasa, 14 November 2023 - 10:59:57 WIB | Di Baca : 261 Kali

 

SeRiau - Surabaya,  - Pembukaan FIFA World Cup U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada Jumat (10/11) berlangsung meriah dengan listrik yang andal. PLN menggunakan layanan tanpa kedip melalui skema pengamanan keandalan tiga lapis untuk stadion GBT.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menyampaikan apresiasi penuh atas kolaborasi semua pihak untuk mendukung suksesnya opening ceremony FIFA World Cup U17 2023.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras mendukung suksesnya FIFA World Cup U17 di Indonesia," kata Erick.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan Indonesia telah banyak dipercaya menjadi tuan rumah perhelatan internasional. Bahkan, khususnya olahraga kelas dunia, PLN mendukung penuh agar seluruh acara bisa membuat semua mata dunia terbuka atas kemajuan Indonesia.

"Gelaran Piala Dunia U17 menjadi hal yang dinantikan banyak pihak. PLN mendukung penuh agar seluruh acara berlangsung baik. Tak hanya dipembukaan saja, PLN memastikan seluruh stadion untuk pertandingan dipasok listrik andal sehingga seluruh pertandingan bisa berjalan sukses," kata Darmawan.

Direktur Distribusi PLN, Adi Priyanto merinci, pengamanan tiga lapis disiapkan adalah dari suplai utama PLN, _Uniterruptible Power Supply (UPS) dan Genset. PLN menerapkan defence scheme. Keandalan operasi sistem PLN tetap terjaga berkat pengaturan pola operasi pembangkitan dan penyaluran serta pengaturan proteksi yang memprioritaskan venue untuk tetap menyala bila terjadi gangguan.

"PLN hadir memastikan listrik andal dan berkualitas sepanjang pelaksanaan Piala Dunia U17. Kelistrikan venue pertandingan Piala Dunia U17, dalam kendali," tambah Adi.

Adi menjelaskan sistem kelistrikan PLN dalam kondisi prima untuk mendukung FIFA World Cup U17 secara keseluruhan. Dari sisi pembangkitan, perseroan telah memastikan kecukupan energi primer untuk sistem pembangkit Jawa Madura dan Bali.

Sedangkan di sisi transmisi dan distribusi, PLN mengerahkan lebih dari 1.000 personil yang dibekali peralatan pendukung yaitu trafo mobile, UPS, Genset dan UGB (Unit Gardu Bergerak).

PLN juga menghadirkan inovasi Mini Scada Mobile yang berfungsi melakukan pemantauan sistem ketenagalistrikan real time yang dapat dilakukan secara mobile.

"Kehadiran mini scada mobile yang baru diluncurkan pada Hari Listrik Nasional, 27 Oktober lalu turut memberikan sumbangsih keandalan listrik pada event internasional ini," ungkap Adi.

Apresiasi atas dukungan kelistrikan tunjang suksesnya gelaran juga disampaikan langsung oleh Technical Services LOC FIFA U17 World Cup Indonesia, Harry Andrew.

“Kami mengapresiasi upaya yang telah dilakukan PLN. Segala persiapan terkait kelistrikan telah dilakukan dengan optimal. Hari ini pasokan listrik mulai dari opening ceremony di Gelora Bung Tomo dan selama pertandingan juga berjalan sangat lancar,” terangnya.(rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar