Pelatihan Menulis Teks Eksposisi Gunakan Pendekatan Systemic Functional Linguistics Siswa SMAN 2 Siak Hulu

  • Sabtu, 11 November 2023 - 16:04:42 WIB | Di Baca : 299 Kali

 

 

Seriau,- Pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud dari catur dharma perguruan tinggi terus dilakukan dosen-dosen Universitas Islam Riau. Salah satunya dosen FKIP UIR Prodi PBSI yang diketuai Dr. Tri Yuliawan, S.Pd., M.Pd dan anggotakan Dr. Sudirman Shomary, MA, Zhari Abadi Adil dan Pajriansyah.

Pengabdian dosen tersebut memberi pelatihan tentang Pelatihan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Systemic Functional Linguistics oleh Siswa SMA Negeri 2 Siak Hulu di Kampar, 10 November 2023.

Kegiatan ini disambut antusias oleh Siswa Kelas XI berjumlah 34 orang
Ketua Tim Pengabdian Dr. Tri Yuliawanmenyatakan keterampilan menulis merupakan salah satu aspek kebahasaan yang harus dimiliki oleh siswa dalam mengungkapkan ide secara tertulis dan kompleks.

Menulis merupakan kegiatan yang sangat rumit dan penuh dengan aturan. Susunan kata-kata, klausa dan kalimat harus terstruktur dan sistematis. Oleh karena itu, siswa harus menguasai tahapan-tahapan menulis untuk mendapatkan hasil yang baik".

" Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek kebahasaan yang harus dimiliki oleh siswa dalam mengungkapkan ide secara tertulis dan kompleks. Menulis merupakan kegiatan yang sangat rumit dan penuh dengan aturan. Susunan kata-kata, klausa dan kalimat harus terstruktur dan sistematis.

Oleh karena itu, siswa harus menguasai tahapan-tahapan menulis untuk mendapatkan hasil yang baik" kata Dr. Tri Yuliawan.

Tri Yuliawan menyebutkan manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan pelatihan ini, sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat adalah sebagai berikut.
1. Siswa SMA Negeri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar mampu dan terampil menulis teks eksposisi;
2. Siswa SMA Negeri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar bisa berpartisipasi atau ikut dalam kegiatan lomba menulis teks eksposisi yang dilaksanakan di sekolah bahkan antarsekolah.

Pengabdian Masyarakat oleh Dosen FKIP Universitas Islam Riau, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia****

 





Berita Terkait

Tulis Komentar