UIR Ikuti Program Internasional QS Higher Education Summit Asia Pasific 2023

  • Kamis, 09 November 2023 - 16:06:36 WIB | Di Baca : 260 Kali

 

Seriau,- Selama empat hari, 6-9 November 2023 Universitas Islam Riau (UIR) hadir di Kuala Lumpur dalam program internasionalisasi menuju Pemeringkatan dunia QS Star. Mengirim empat orang delegasi, Prof. Dr. H. Syafrinaldi.,SH.,M.C.L, Dr. Rendi Prayuda.M.Si, Ir. Fiki Hidayat ST.,M.Eng dan Dr. Harry Setiawan., M.I.Kom.

Dalam mengikuti rangkaian kegiatan QS Higher Education Summit, UIR melalui ke empat delegasi tersebut bertugas menghadiri konfrensi terkait pemeringkatan dunia, internasionalisasi program, dan reputasi Perguruan Tinggi. Menjadi keharusan bagi ke empat delegasi UIR untuk turut menjalin jejaring internasional ke seluruh dunia.

Melalui lawatan internasional kali ini, UIR menawarkan program Kerjasama antar perguruan tinggi dari wilayah Timur Tengah (Mesir, Jordania, Uzbektistan), Australia, dan tentunya mempertahakan jejaring Kerjasama dari negara serumpun, Malaysia. Sambutan hangat dunia internasional kepada ke empat delegasi UIR menjadi pemicu percepatan program pemeringkatan internasional QS Star Rangking.

QS Star Ranking ini adalah target utama pemeringkatan UIR setelah berkali-kali menerima pemeringkatan Internasional lainnya seperti Premiere Accreditation from Asic (Accreditation Service for International School, Colleges, & University) yang bermarkas di London, UK. Dr. Rendi selaku Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama yang diwawancarai dalam sela agenda konfrensi menyatakan bahwa QS Star adalah sebuah reputasi Internasional yang harus segera di raih.

“Dalam kondisi UIR sekarang, kita sudah harus memiliki reputasi dari dunia internasional. Menunjukkan kualitas UIR kehadapan dunia dan menciptakan mahasiswa berkelas dunia” tegas Rendi.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UIR yang menjadi Ketua Delegasi menyatakan semangatnya dalam meraih QS Star sebagai pencapaian tertinggi institusi yang telah tujuh tahun ini ia pimpin.

“Kita tentu terus berupaya dan bekerja keras dalam membawa UIR pada level yang lebih tinggi. Menciptakan universitas bereputasi internasional adalah mimpi kita Bersama sehingga, UIR bisa sejajar dengan Universitas lainnya di dunia” pungkas Guru besar Fakultas Hukum itu.

Dalam lawatan internasional kali ini, Ir. Fiki Hidayat.,ST.,M.Eng selaku kepala divisi publikasi pada Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) UIR bertugas dalam mengawal kualitas publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa UIR dalam upaya memenuhi aspek kinerja penelitian sebagai basis penilaian pemeringkatan QS Star Rangking.

QS Star Ranking adalah Lembaga pemeringkatan Institusi Pendidikan Tinggi terpercaya di dunia dan menjadi rujukan bagi seluruh masyarakat dunia yang akan memilih kampus tujuan untuk menempuh Pendidikan tinggi dalam segala strata.(rls/zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar