Terbanyak Sejak Umri Berdiri, 1062 Lulusan UMRI Akan Diwisuda

  • Rabu, 08 November 2023 - 20:01:59 WIB | Di Baca : 251 Kali


  
Seriau,- Sebanyak 1.062 orang lulusan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) akan diwisuda, Sabtu (11/11) di Gedung Co Ex Pekanbaru.  Wisuda ke-25 Sarjana dan Diploma Umri kali ini terbanyak sejak Umri berdiri.

Demikian dikatakan langsung oleh Rektor UMRI Dr Saidul Amin." Dalam sejarah Umri ini yang terbanyak kita mewisuda," kata Rektot, Rabu (8/11).

Hadir mendampingi Rektor Saidul Amin yakni Direktur Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (DAAK) Dr Jupendri MIKom, Direktur Administrasi Umum dan Keuangan (DAUK) Dr H Baidarus MM MAg dan Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Hukum UMRI M Anwar Siregar SH.

Dari 1.062 lulusan, kata Rektor, berasal dari delapan fakultas dengan rincian Fakultas Teknik meluluskan 100 orang wisudawan dari Program Studi D3 Mesin Otomotif, S1 Teknik Mesin, dan Program Studi S1 Teknik Industri. Selanjutnya Fakultas MIPA dan Kesehatan, meluluskan 151 orang wisudawan dari Program Studi D3 Keperawatan, S1 Biologi, S1 Fisika, S1 Kimia, S1 Farmasi, dan Program Studi Kebidanan.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, meluluskan 379 orang wisudawan dari Program Studi S1 Akuntansi, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Keuangan dan Perbankan, serta Program Studi S1 Manajemen. Fakultas Ilmu Komputer, meluluskan 104 orang wisudawan dari Program Studi S1 Teknik Informatika dan S1 Sistem Informasi.

Fakultas Komunikasi meluluskan 134 orang wisudawan dari Program Studi S1 Ilmu Komunikasi dan S1 Hubungan Masyarakat. Fakultas Ilmu Pendidikan & Keguruan, meluluskan 55 orang wisudawan dari Program Studi S1 Pendidikan Informatika, S1 Pendidikan IPA, S1 Pendidikan VTE dan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris.

" Fakultas Ilmu Hukum, meluluskan 90 orang wisudawan dari Program Studi S1 Ilmu Hukum, dan Fakultas Studi Islam, meluluskan 49 orang wisudawan dari Program Studi S1 Perbankan Syariah dan S1 Psikologi Islam," katanya

Rektor mengatakan di tahun 2023 ini ada dua capaian UMRI yang luar biasa. Yaitu penerimaan mahasiswa baru sebanyak 2.985 dan jumlah wisudawan/ wisudawati sebanyak 1.062 lulusan dari delapan fakultas dan 24 program studi yang akan diwisuda. Ini adalah jumlah wisudawan terbanyak sepanjang sejarah UMRI berdiri.

Tema dalam kegiatan wisuda kali ini Alumni SMART Mencerahkan. UMRI berharap alumni nantinya menjadi duta persyarikatan di tengah-tengah masyarakat dalam merealisasikan cita-cita luhur Muhammadiyah mewujudkan masyarakat Islam yang sebenarnya.

" Mereka juga ingin para lulusan menjadi pribadi yang mencerahkan dan mencerdaskan serta menjadi pemecah masalah, bukan bagian dari masalah," kata Saidul

Sementara Direktur Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (DAAK) Dr Jupendri MIKom mengatakan UMRI akan membuka Program Magister Manajemen dan Kewirausahaan (Program S2) yang pertama langsung dikelola oleh UMRI.

Jupendri juga menjelaskan hal ini setelah UMRI menerima Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nomor: 784/E/O/2023, tanggal 04 Oktober 2023, tentang Izin membuka Program Studi Manajemen dan Kewirausahaan Program Magister pada Universitas Muhammadiyah Riau di Kota pekanbaru yang diselenggarakan oleh Persyarikatan Muhammadiyah.(zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar