Sosialisasi Karhutla di Desa Tanjung Leban, Bengkalis Oleh PT SPA

  • Rabu, 08 November 2023 - 18:35:50 WIB | Di Baca : 653 Kali

 

SeRiau - Guna mencegah terjadinya kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang pada umumnya terjadi didaerah pedesaan. Untuk lebih mengenal dan memahami karhutla ini, PT Satria Perkasa Agung (SPA) melakukan sosialisasi karhutla di Desa Tanjung Leban, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis, Rabu (08/11/2023).

Aparatur Desa Tanjung Leban, Kcamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis mendapat sosialisasi atau penyuluhan serta simulasi pencegahan Karhutla di daerahnya oleh tim Rescue PT SPA. Kegiatan yang berlangsung di aula Desa Tanjung Leban ini, dihadiri oleh Sekdes desa Tanjung Leban, Umar dan pihak keamanan desa dari Bhabinsa, Bhabinkamtibmas serta aparatur desa.

Pada sosialisasi ini, pihak PT SPA yang diwakili oleh Bapak Abadi dan jajarannya memberikan pengetahuan tentang pencegahan karhutla dan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan kepada pemerintah Desa Tanjung Leban. Pengetahuan dan dampak atau bahaya dari karhutla ini tidak saja disampaikan melalui pemaparan, namun juga semua peserta yang hadir juga diperkenalkan dengan sejumlah peralatan terkait dengan pemadaman api saat terjadi kebakaran hutan dan lahan.

"Kami dari perusahaan yakni PT SPA peduli akan kasus karhutla, untuk itu kita secara bergilir mendatangi semua Desa yang ada di Kecamatan Bandar Laksamana, Bengkalis memberikan sosialisasi atau penyuluhan terkait pencegahan karhutla," kata Abadi.

Lebih lanjut Abadi menyampaikan, sosialisasi karhutla ini tidak saja dilaksanakan di sejumlah desa di Bengkalis, tetapi nantinya juga akan dilakukan di Kabupaten Rokan Hilir. Penyuluhan ini merupakan kegiatan rutin PT SPA yang terlaksana setiap tahunnya.

Terlihat pemerintah Desa Tanjung leban sangat antusias mengikuti sosialisasi bahaya karhutla dan simulasi pencegahan Karhutla yang dilaksanakan di salah satu ruangan kantor desa serta praktek pelaksanaan dan pengenalan sejumlah alat pemadaman api yang digelar dilapangan halaman kantor Desa Tanjung Leban. Pihak Desa sangat berterima kasih atas adanya  sosialisasi ini, karena selama ini mereka tidak begitu paham dan mengerti dampak dari karhutla serta peralatan yang digunakan petugas untuk memadamkan api.

Penulis : Dedi Iswandi





Berita Terkait

Tulis Komentar