Meriahkan Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa, Pustaka Lentera Hati SMAN 4 Pekanbaru Lomba Resensi Buku

  • Jumat, 27 Oktober 2023 - 18:13:29 WIB | Di Baca : 757 Kali


 

Seriau,- Memeriahkan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 dan Bulan Bahasa, Perpustakaan Lentera Hati SMAN 4 Pekanbaru mengadakan Lomba Resensi Buku.

Ketua Panitia Ronika Putra, S. Hi mengatakan bahwa peserta lomba sebanyak 36 dari perwakilan kelas. Peserta meresensi buku yang dipinjam dari perpustakaan Lentera Hati SMAN 4 Pekanbaru. Kegiatan ini berlansung, Kamis (26/10) dari jam hingga 12 siang 
    
Kegiatan lomba resensi ini dibuka
langsung oleh Wakil Kurikulum Zulkarnaini, M. Pd mewakili kepala SMAN 4 Pekanbaru yang berhalangan hadir dikarenakan kegiatan dinas di Jakarta.

Dalam sambutan, Zulkarnaini mengatakan kegiatan ini harus sering dilakukan agar bisa menambah kemampuan membaca sekaligus menulis siswa serta menambah wawasan literasi siswa. Setiap tahun SMAN 4 Pekanbaru juga menerbitkan buku hasil karya siswa yang sudah mendapatkan ISBN." Inilah salah satu cara sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa," kata Zulkarnaini, Kamis (26/10)

Sementara Koordinator Acara Resensi Buku Dewi Laila Sari mengatakan kegiatan meresensi buku ini mengasah dua kemampuan berbahasa siswa yaitu membaca dan menulis. Dengan meresensi buku, siswa dapat memberikan gambaran suatu isi karya dari identitas buku, gaya penulisan, pesan, kelebihan dan kekurangan buku dan lainnya.

Pemilihan buku yang diresensi adalah buku novel, hal ini dikarenakan dengan membaca novel banyak ditemukan cerita yang menarik dan imajinatif, bisa juga mengurangi stres dan ketegangan berpikir.

Novel yang akan diresensi diantaranya berjudul “ Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin” karya Tere Liye “Cinta diujung Sajadah”, karya Asma Nadia, dan “Seperti Hujan yang Jatuh Ke Bumi” karya Boy Candra.

" Ke 36 hasil karya resensi siswa ini akan diterima oleh panitia, dan dinilai oleh dewan juri," kata Dewi.

Kepala Perpustakaan Lentera Hati SMAN 4 Pekanbaru Dra. Sefrida mengatakan dirinya dan dewan juri telah menentukan kriteria penilaian yang akan dilakukan adalah tentang struktur, bahasa yang digunakan serta kesesuaian isi buku dengan resensi. Siswa diberikan juga motivasi untuk selalu semangat membaca buku diperpustakaan.

" Jangan takut untuk mencoba, kalah dan menang itu merupakan hal biasa, yang tidak biasa adalah tidak mau berusaha," katanya.(rls/zal)

 





Berita Terkait

Tulis Komentar