BRK Syariah Alokasikan Pembiayaan Replanting Untuk 178 Hektar Kebun Sawit di Desa Air Putih Inhu

  • Senin, 23 Oktober 2023 - 22:40:43 WIB | Di Baca : 307 Kali

 

SeRiau - Pekanbaru – PT Bank Riau Kepri Syariah (Perseroda) atau BRK Syariah mendukung program pemerintah dalam percepatan peremajaan (replanting) kebun kelapa sawit. Dukungan BRK Syariah ini ditunjukkan dengan menggelontorkan pembiayaan kepada para petani yang memiliki pohon kelapa sawit tua.

Ada sekitar 89 debitur dengan luas kebun sawit 178 Hektar di Desa Air Putih Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Kabupaten Indragiri Hulu yang mendapat pembiayaan dari kantor BRK Syariah Cabang Air Molek. Pembiayaan Replanting ini diperkuat dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) tiga pihak antara BRK Syariah Cabang Air Molek, PT Asian Agri dan KUD Usaha Tani di Menara Dang Merdu BRK Syariah, Senin (23/10/2023).

“Bisnis sawit dinilai punya potensi pasar yang menjanjikan, namun masih banyak petani sawit yang membutuhkan pembiayaan untuk penanaman ulang atau replanting. Sebagai bank daerah, BRK Syariah merebut peluang ini untuk membantu petani sawit KUD Usaha Tani agar produktivitas sawitnya semakin baik,” kata Branch Manager BRK Syariah Air Molek, Hadi Pratikno.

Penandatanganan PKS oleh BRK Syariah Cabang Air Molek Hadi Pratikno dengan PT Inti Indo Sawit Subur Dedy Raynold Pardede mewakili PT Asian Agri dan pihak ketiga Koperasi Unit Desa (KUD) Usaha Tani Endin Zainuddin Syam, Sapto Sukrosono dan Wahab ini  juga disaksikan oleh Direktur Pembiayaan BRK Syariah Tengkoe Irawan dan Pemimpin Divisi MKM M. Jazuli, General Manager Head of Partnerships Asian Agri, Rudy Rismanto, Manajer Kemitraan Wilayah Ukui Hendra S Saragih.  

“PKS terkait pembiayaan replanting ini juga sudah dilakukan dengan beberapa KUD lainnya di berbagai wilayah Provinsi Riau. Dari data secara keseluruhan hingga per September 2023 ini sudah ada 3.927 nasabah dengan biaya yang sudah digelontorkan mencapai Rp 238,7 miliar. Dan BRK Syariah tetap komitmen dalam membantu para petani sawit agar tetap produktif,” kata M Jazuli menambahkan.

Masih dalam kesempatan yang sama, Ketua KUD Usaha Tani Endin Zainuddin Syam menyampaikan rasa syukur atas PKS tiga pihak ini sudah terlaksana. “Pembiayaan replanting ini memang sangat diharapkan petani. Kami sangat bersyukur Bank Riau Kepri Syariah sudah mau membantu menyalurkan pembiayaan,” kata Endin.(rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar