Trik Bagaimana Jadikan Sekolah Besar,

Agus Rohiman Berikan Penguatan Kompetensi pada Kepala Sekolah dan Guru YLPI Riau

  • Jumat, 20 Oktober 2023 - 22:31:59 WIB | Di Baca : 305 Kali

 

Seriau,- Menjadikan sekolah besar dan terkenal salah satu visi dan misi bagi yayasan. Impian itu pula yang diinginkan oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau menjadikan sekolah dibawah yayasan bisa menjadi sekolah besar dan berkualitas.

Upaya dilakukan salah satunya mendatangkan Kepala SMA Plus PGRI 2 Cibinong yang mempunyai jumlah siswa terbanyak di Jawa Barat.

Puluhan peserta yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan perwakilan guru di bawah YLPI Riau ini sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh Kepala SMA Plus PGRI 2 Cibinong Dr Agus Rohiman.

Dihadapan peserta, Agus Rohiman  memberikan trik bagaimana menjadi sekolah besar dan berkualitas. Sebagai kepala sekolah guru harus tahu dulu dan mengenal apa yang menjadi visi misi dari yayasan. Dari visi itulah mau dibawa kemana sekolah ini sesuai apa yang diinginkan oleh yayasan.

" Oleh sebab itu,£ kepala sekolah dan wakil kepala harus tahu dulu visinya. Tujuan mau kemana. Ibarat kalau kita mau berjalan harus ada tujuan. Jangan sampai kita berhenti ditempat yang salah," kata Agus di sela kegiatan, Jumat (20/10) di Aula YLPI Riau.

Selain mengenal visi, kata Agus, kepala sekolah harus menguasai kompetensi manajerial. Bagaimana kepala sekolah bisa membuat perencanaan, membagi tugas dan melaksanakan kegiatan dan melakukann pengawasan.

" Kepala sekolah harus mempunyai leadership yang baik. Dengan leaderahip yang baik saya yakin sekolah yang dipimpin bisa maju dan berkembang," ujar Agus

Menurutnya, membangun sekolah unggulan tidaklah mudah. Banyak strategi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah. Namun, yang paling penting adalah memberikan layanan yang bagus. Layanan kepada peserta, kepada orangtua jadi prioritas. Jika Layanan sudah bagus masyarakat tak perlu diminta, mereka datang sendiri ke sekolah.

Agus mencontohkan, jika ada 2 rumah makan dengan masakan yang sama, tapi yang satu layanan bagus. Pelayanan penuh senyuman ketika tamu datang dan ucapan terima kasih, ketika tamunya pulang, pastinya memilih rumah makan dengan layanan bagus meskipun masakannya sama.

" Pelayanan yang bagus otomatis sekolah kita dicari orang," ujarnya.

Selain pelayanan, kualitas guru juga harus menjadi perhatian. Jika guru berkualitas pastilah anak didik yang dihasilkan berkualitas. Sekolah juga harus bisa menciptakan rasa nyaman dan senang bagi peserta didik.

Jika siswa nyaman dalam belajar pastilah siswa akan berbicara kesana kemari tentang sekolahnya." Jadi siswa kita bisa menjadi marketing untuk mempromosikan sekolah," ujar Agus.

Sementara itu, Ketua Umum YLPI Riau Prof H. Nurman.MSI mengatakan penguatan kompetensi bagi kepala sekolah, wakil dan guru dalam upaya untuk meningkatkan leadership memimpin sekolah. Nara sumber yang dihadirkan salah satunya Dr Agus Rohimin (Kepala SMA Plus PGRI 2 Cibinong) dan Dekan Psikologi UIR Yanwar Arief. (zal)
 





Berita Terkait

Tulis Komentar