Ditutup 15 Oktober, 603 Peserta Daftar Apresiasi GTK 2023

  • Senin, 09 Oktober 2023 - 23:24:55 WIB | Di Baca : 1043 Kali

 

Seriau,- Sebanyak 603 peserta telah mendaftarkan diri mengikuti lomba Apresiasi Guru Tenaga Kependidikan (GTK) 2023. Lomba Apresiasi GTK ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Kemendikbud Ristek sebagai bentuk penghargaan kepada GTK.

" Ya, Apresisiai GTK ini pendaftarannya sudah kita buka beberapa minggu lalu, sampai hari ini tanggal  9 Oktorber sudah mendaftar sebanyak 603 orang. Pendaftaran akan ditutup 15 Oktober," kata Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Riau, Reisky Bestary. MPd, Senin (9/10) di Pekanbaru

Apresiasi GTK 2023 ini, kata Reisky, jenis lomba berbeda dengan lomba GTK tahun sebelumnya yang hanya dikhususkan untuk pendidik dan tenaga kependidikan. Namun, tahun ini ada diperuntukan bagi siswa dengan jenis lomba" Terima Kasih Guru Ku."

Sedangkan lomba untuk tenaga pendidik dan tenaga kependidikan mulai dari guru, kepala sekolah pustakawan, laboran, tenaga adninistrasi, penilik dan pengawas sekolah. Jumlah jenis lomba di Apresiasi GTK 2023 sebanyak 30 kategori.

Untuk jenis lomba, kata Reisky, ada 4 jenis yakni GTK Inovatif. Lomba ini diperuntukan bagi guru yang pendaftaranya secara mandiri. Selanjutnya GTK Dedikatif. Lomba ini diperuntukan bagi guru yang berada di daerah 3T. Pendaftaran diusulkan oleh dinas pendidikan masing masing.

Ketiga, lomba GTK Inspiratif diperuntukan bagi guru yang aktif di PMM dan selalu menunggah karya di aplikasi PMM. Tim PMM Kemendikbud akan menyeleksi hasil karya GTK melalui hasil karya yang diunggah.

Sementara jenis lomba Terima Kasih Guru ku. Lomba ini khusus bagi siswa. Cara mendaftar peserta mengunggah guru idolanya ke IG siawa

" Bagi guru, pengawas dan kepala sekolah harus memiliki akun belajar.id dan menyelesaikan satu topik di PMM dan memilki minimla 1 sertifikat. Setelah itu baru mereka mengunggah karya mereka," terang Reisky

Setelah berakhir masa pendaftaran kata, Reisky, BGP Riau akan penilaian administrasi peserta tanggal 8 sampai 15 Oktober. Selanjutnya tanggal 16 hingga 28 Oktober dilakukan penilaian substansi dan wawancara oleh tim penilai/juri.

Setelah terpilih juara 1 masing masing kategori, pemenang akan dikirim ke tingkat nasional. Di tingkat nasional juga akan dilakukan penilaian oleh tim penilai/juri dari pusat mulai tanggal 20 sampai dengan 23 November.

Terakhir pemenang akan diumumkan saat peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023 di Gelora Bung Karno." Bagi pemenang 10 terbaik nasional tidak boleh lagi mengikuti lomba GTK tahun selanjutnya," katanya

Sementara panitia Apresiasi GTK 2023 BGP Riau, Roby mengatakan tema yang diangkat dalam lomba tahun ini" Ciptakan Pembelajaran Berkualitas Melalui Kurikulum Merdeka."

Tema lomba GTK Inovasi yakni bagaimana upaya memperbaruhi strategis dan mencoba berbagai hal baru dengan mengunakan teknologi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka

Dedikatif tema yang diangkat bagaomana guru mengorbankan tenaga, pikiran, waktu dan selalu mengabdikan dirinya dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka demi keberhasilan pendidikan. Sedangkan tema lomba Inspiratif yaitu GTK mampu mensimulasikan dan menggerakan peserta didik dan teman sejawat untuk menjadi pembelajaran sepanjang hayat. (zal)
 





Berita Terkait

Tulis Komentar