Bahas Kerjasama dengan University Malaya Pahang, Ruslan Madun Senandungkan Lemak Manis di FKIP UIR

  • Senin, 09 Oktober 2023 - 07:35:15 WIB | Di Baca : 199 Kali

 

 

Pekanbaru:  Rencana kerjasama Program Studi Sendratasik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau (FKIP UIR) dengan University Malaya Pahang Malaysia ditindak-lanjuti dalam bentuk Workshop yang menghadirkan seniman kenamaan asal Malaysia Ruslan Madun. Kegiatan tersebut berlangsung di Kampus FKIP pada  Selasa (3/10 2023) dan diikuti ratusan mahasiswa.

Turut pula hadir Director Institute of Civilization and Staretgic Studies Associate Professor Dr Hasan Ahmad. Ia datang ke UIR bersama Ruslan Madun  yang sekaligus bertindak sebagai dosen tamu di Institut itu.

Menurut Ketua Prodi Sendratasik Idawati SPd MA, kehadiran Profesor Hasan Ahmad bernilai positif bagi mahasiswa dan diapresiasi pula oleh mahasiswa dengan riang. ''Kami akan secara berkesinambungan melaksanakan workshop-worksop seperti ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa. Juga sebagai implementasi dari catur dharma perguruan tinggi,'' kata Idawati kepada wartawan di Kampus UIR, Selasa (03/10 2023).

Institute of Civilization and Staretgic Studies University Malaya Pahang merupakan salah satu mitra kerja Prodi Sendratasik. Di luar universitas ini, FKIP melalui Sendratasik juga menjalin kerjasama serupa dengan universiti lain di Negeri Jiran. ''Jadi worksop ini bukan yang pertama dilakukan Sendratasik,'' ujar Idawati.

Bersama Profesor Hasan Ahmad suasana kegiatan Workshop memang terasa beda. Pasalnya kedatangan profesor itu disertai pula dengan kehadiran Ruslan Madun.

Ruslan Madun adalah penggiat seni di Tanah Melayu. Salah satu lagu ciptaannya yang sekarang lagi viral di Malaysia adalah Lemak Manis. Sebagai seniman, Ruslan sudah sejak tahun 80-an mempopulerkan lagu-lagu rakyat. Ia juga sangat rajin menghadiri pertemuan-pertemuan sastra di banyak negara. Terutama Semenanjung Melayu.

Lagu Lemak Manis, kata Idawati, banyak dinyanyikan anak-anak di sekolah, dipelajari serta dinyanyikan di banyak negara serumpun Melayu. Termasuk di Provinsi Riau. Konser-konser kemelayuannya di mana-mana juga ramai. Ketika workshop berlangsung di Sendratasik UIR, Ruslan Madun menyempatkan waktu mengajari anak-anak berolah vokal. Sekaligus mensinandungkan lagu Lemak Manis.

''Ketika berolah vokal dengan Ruslan Madun para mahasiswa semakin terlihat antusias. Soalnya jarang-jarang sekali mereka bertemu dengan pencipta lagu yang lagunya sedang viral, populer di banyak negara. Dapat pula belajar bagaimana menyanyikan Lemak Manis secara baik dan benar,'' tandas Idawati.

Sebagai pengelola program studi, Idawati mengaku puas atas kedatangan dua tamu dari Malaysia itu.  Anak-anak sudah diberi pengetahuan yang sangat luar biasa di bidang olah vokal. Mereka  mendapat pembelajaran dari Ruslan Madun yang sekaligus mendengarkan langsung bagaimana Ruslan Madun menyanyikan lagu Lemak Manis.

''Kami merasa puas atas kehadiran dua pakar tersebut. Mudah-mudahan di masa mendatang Ruslam Madun bisa kembali kami ajak ke UIR untuk membekali anak-anak di bidang seni olah vokal,'' tambah Idawati.
 
Tak cuma Idawati, Dekan FKIP Dr Miranti Eka Putri pun demikian. Ia menyampaikan apresiasi tinggi kepada Prodi Sendratasik yang sudah mengundang Associate Profesor Hasan Ahmad bersama Seniman Ruslan Madun. Workshop-workshop seperti ini sangat penting tidak semata bagi mahasiswa akan tetapi juga buat fakultas. Kedepan harapan saya, demikian Miranti menimpali, akan banyak lagi digelar kegiatan-kegiatan serupa apalagi FKIP memiliki Sport Science yang lengkap, yang dapat menjadi penunjang kegiatan bagi masing-masing program studi.

''Fakultas akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan prodi dalam rangka pelaksanaan catur dharma perguruan tinggi. Termasuk Prodi Sendratasik. Mudah-mudahan rencana kerjasama FKIP dengan University Malaya Paham bisa segera kita wujudkan ,'' ujar Dekan Miranti.(rls/zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar