Tim Siswa Robotik MAN 2 Pekanbaru Lolos Tahap 2 Lomba Kompetisi Riset Inovasi Siswa Nasional 2023

  • Selasa, 10 Oktober 2023 - 20:47:03 WIB | Di Baca : 401 Kali

 

Seriau,- Siswa MAN 2 Pekanbaru kelompok robotik berhasil lolos ke tahap 2 Lomba Kompetisi Riset Inovasi Siswa Nasional 2023. Lomba bergengsi dalam ilmu robotik ini diikuti oleh siswa SMA/MA dan SMK se Indonesia.

Pembina kelompok robotik MAN 2 Pekanbaru Muhammad Raja Adhari mengatakan, dalam Lomba Kompetisi Riset Inovasi Siswa Nasional 2023 ini, MAN 2 Pekanbaru mengirimkan dua tim dengan 2 bidang lomba yang berbeda. Masing masing tim terdiri dari 2 orang siswa.

Bidang pertama lomba yang diikuti mengenai Matematika Sains Teknologi dan Lingkungan. Sedangkan bidang 2 mengenai Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keagamaan. Lomba tahap pertama ini telah berlangaung mulai tanggal 8 sampai 12 September. Selanjutnya tahap kedua akan dilaksanakan di bulan  November 2023.

" Alhamdulillah untuk bidang pertama dari 74 peserta yang lolos, siswa MAN 2 Pekanbaru berhasil meraih peringkat 12 besar. Sementara untuk bidang  lomba 2, siswa kita berhasil peringkat 9 besar dari 83 peserta, yang lolos," kata M Raja Adrafi, Selasa (10/10) melalui telepon selulernya

Ditahap kedua ini, kata Raja, siswa MAN 2 Pekanbaru akan mengirimkan laporan pruduk robotik dari riset dan inovasi yang sesuai dengan bidang masing masing. Produk robotik ini mengambarkan bagimana masalah yang dihadapi bisa terselesaikan dengan produk robotik yang dirangcang.

Sedangkan untuk babak final siswa tidak lagi mengirimkan dalam bentuk proosal tetapi langsung mempresentasikan dihadapan dewan juri." Untuk babak final nantinya akan dilaksanakan di daerah JABODETABEK, tapi lokasi pastinya belum tahu apakah di Bogor  Jakarta ataupun tempat lainnya," kata Raja

Sementara itu Kepala MAN 2 Pekanbaru Ghafardi berharap siswa MAN 2 Pekanbaru bisa lolol ke babak final di Lomba Kompetisi Riset dan Inovasi Siswa Nasional 2023. Sekolah selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanding tidak hanya dalam bidang akademik seperti OSN dan KSM, tapi juga dalam bidang robotik. Guna mendukung siswa kelompok robotik, sekolah memberikan pembinaan setiap Senin dan Rabu sore.

" Kita selalu mendukung siswa yang ikut bertanding baik ditingkat kota, provinsi dan nasional. Kita beri ruang siswa untuk bertanding," kata Ghafardi didampingi Waka Humas MAN 2 Pekanbaru Efni Novita

Ditambah Ghafardi, MAN 2 Pekanbaru mempunyai beberapa kegiatan yang masuk dalam kegiatan intra sekolah seperti OSN, Riset dan Inovasi, Multimedia, Sosial dan Sastra. Kelompok intra ini, pembinaan ada tenaga instrukturnya berasal dari sekolah maupun didatangkan dari luar sekolah. (zal)
 





Berita Terkait

Tulis Komentar