CDN Bersama Jasa Raharja Gelar Seminar Keselamatan Berkendara Kepada 150 Mahasiswa

  • Senin, 09 Oktober 2023 - 14:50:50 WIB | Di Baca : 360 Kali

 


SeRiau - Pekanbaru  – PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) main dealer sepeda motor Honda wilayah Riau bekerja sama dengan PT. Jasa Raharja cabang Riau mengadakan seminar keselamatan berkendara di Universitas Lancang Kuning pada 29 September 2023 lalu.

Tema yang bertajuk “bangga menjadi generasi muda #Cari_aman", diikuti oleh 150 mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai fakultas di universitas Lancang Kuning. Kegiatan ini dihadiri Bapak Akp Kamaludin, SH selaku Kanit Kamsel Polresta, Bapak Esga Putra Perdana, SH selaku Kasubag Iuran Wajib PT. Jasa Raharja cabang Riau dan Bapak Steven V. Simarmata selaku Safety Riding Instruktur PT. CDN.

Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru Dr. Bagio Kadaryanto.SH menyampaikan terima kasih kepada PT. CDN, Satlantas Polresta Pekanbaru dan PT. Jasa Raharja cabang Riau yang sudah berkontribusi pada pegelaran seminar keselamatan berkendara di universitas lancang kuning. Melalui seminar ini kami berharap peserta yang hadir dapat menyerap ilmu yang diberikan narasumber dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dengan menjadi pelopor keselamatan berkendara. Generasi muda adalah generasi penerus bangsa, mari menjadikan aman berkendara sebagai budaya positif saat berkendara. 

Generasi muda khususnya pelajar adalah generasi penerus bangsa yang kelak akan memimpin negara di masa depan. Dengan menjadi generasi muda yang mengutamakan keselamatan saat berkendara sebagai budaya yang positif sudah memberikan kontribusi penting untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya. Kami menghimbau kepada generasi muda khususnya mahasiswa dan mahasiswi  untuk menjadi role model berkendara yang aman, menggunakan perlengkapan berkendara lengkap, berkendara tidak melebihi batas kecepatan, beretika saat di jalan dan konsisten dalam mematuhi aturan lalu lintas agar meminimalisir angka kecelakaan di jalan raya. “Mari menjadi Generasi muda yang mengutamakan keselamatan saat berkendara” , ujar Akp Kamaludin, SH selaku Kanit Kamsel Polresta Pekanbaru. 

Persentase jumlah korban laka di dominasi oleh pelajar di usia 5-24 tahun dengan jumlah 42%. Faktor manusia terkait dengan karakter menjadi faktor yang berpengaruh dalam keselamatan berkendara. Bagaimana karakter aman berkendara bagi generasi muda itu terbentuk? Pembentukan karakter dapat dibentuk bagi generasi muda dengan cara melakukan aktifitas positif, berada di lingkungan positif dan menjaga emosi/mood agar stabil. Kami mengajak generasi muda untuk memulai menjadi contoh yang baik dalam berkendara. Selain menjadi role model dengan menggunakan helm dan perlengkapan berkendara saat berkendara, mulailah secara berkelanjutan mengingatkan ke lingkungan sekitar secara persuasif untuk berhati hati di jalan. Mari menjadi generasi muda penyelamat  dengan menjadi generasi muda yang peduli akan keselamatan saat berlalu lintas, disampaikan Esga Putra Perdana, SH selaku Kasubag Iuran Wajib PT. Jasa Raharja cabang Riau. 

Steven VHS selaku safety riding instruktur pada sesi materi menyampaikan yang pasti terjadi ketika mengalami kecelakaan adalah kerugian. Berdasarkan survei mayoritas kecelakaan di Indonesia disebabkan oleh 5 perilaku seperti ceroboh terhadap lalu lintas dari depan, gagal menjaga jarak aman, ceroboh saat berbelok, melampaui batas kecepatan dan ceroboh saat mendahului. Salah satu cara untuk mencegah kita kecelakaan akibat perilaku berkendara adalah dengan melakukan prediksi bahaya. Untuk meningkatkan kemampuan prediksi bahaya saat berkendara ada 4 cara yang bisa dilakukan yaitu belajar dengan menggunakan Honda Riding Trainer, ikut pelatihan safety riding, sharing pengalaman kecelakaan dan mengalami sendiri kecelakaan tersebut namun ini tidak direkomendasikan. 

Jonny Winata selaku sales dept. head mengatakan seminar keselamatan berkendara merupakan salah satu bentuk aktifitas yang dilakukan untuk mengajak Generasi Muda berpartisipasi menjadi penerus bangsa yang  berbudaya berkendara #Cari Aman. Dengan tema bangga menjadi generasi muda #Cari Aman dan mengangkat topik Generasi muda yang mengutamakan keselamatan kami berharap setelah acara seminar peserta aktif menjadi ambasador keselamatan berkendara baik dengan menerapkan kebiasaan berkendara yang aman dalam sehari hari maupun aktif mengkampanyekan keselamatan menggunakan social media. “#Cari Aman saat berkendara, kami mengajak generasi muda untuk turut berkontribusi dalam bidang keselamatan berkendara”, ujarnya.(***)





Berita Terkait

Tulis Komentar