Inovasi Kopi Susu dengan Gula Merah Kelapa Sawit Ciptakan Pembelajaran Berdiferensiasi Wujudkan Merdeka Belajar SMKN 1 Pekanbaru

  • Jumat, 06 Oktober 2023 - 20:36:25 WIB | Di Baca : 293 Kali

 

Seriau,- Untuk mengurangi limbah dari penumbangan pohon kelapa sawit tersebut, saat ini masih diterapkanya pembakaran lahan yang berimbas pada polusi udara, meluasnya pembakaran tersebut membaut beberapa daerah diselimuti oleh kabut asap.

Salah satu solusinya ialah dengan melakukan pengolahan limbah contohnya, pembuatan gula merah dari kelapa sawit dimana dua daerah diRiau yang sudah melakukan produksi itu yakni Dumai dan Warga Kampung Seminai Kecamatan Kerinci Kanan, Siak, Provinsi Riau.

Pembuatan gula merah dapat dilakukan setiap hari sekali. Nira kelapa sawit yang sudah diambil dituangkan ke wajan sambil disaring dengan menggunakan saringan kelapa, kemudian ditaruh diatas tungku perapian untuk segera dimasak dengan suhu pemanasan 110°C-120C hingga nira mengental dan berwarna kecoklatan.

Kemudian nira dicetak dengan menggunakan tempurung kelapa atau dengan bambu. Bahan yang digunakan ada batang kayu Nangka dan kapur sirih. Perbandingan gula putih dan nira kelapa sawit adalah 1:2.

Bisnis proposal yang dibuat oleh siswa ini mampu menembus peringkat 5 besar seecara nasional pada ajak Sumatra Accounting Competetition cabang lomba Business Plan. Sebagai inovasi selanjutnya yang diciptakan yaitu pembuatan kopi susu dengan
menggunakan gula merah dari kelapa sawit.

Hal ini memberikan rasa serta aroma yang khas berbeda dengan kopi susu yang menggunakan gula aren atau gula tebu biasa. Dalam prosesnya hal ini bertujuan untuk mendukung jurusan perhotelan dengan
memberikan resep kopi susu berbahan dasar gula kelapa sawit.

Pemanfaatan gula merah kelapa sawit yang diinovasikan menjadi simple syrup yang dicampurkan kedalam kopi menghasilkan
aroma dan rasa yang khas.

Produk kopi ini sudah menjadi
salah satu produk inovasi yang dimiliki oleh jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga dengan ini diharapkan muncul jiwa kreatifitas dan jiwa wirausaha yang tinggi dari siswa.

Berikut merupakan beberapa gambar dari pembuatan kopi susu menggunakan gula merah kelapa sawit. Kandungan dalam gula merah kelapa sawit yaitu vitamin B2 dan rasa manis yang tidak berlebihan dengan harga yang terjangkau masyarakat dapat memanfaatkan tanaman ini sebagai barang subtitusi atau pengganti gula aren dengan demikian limbah kelapa sawit berkurang polusi udara akibat pembakaran berkurang dan permintaan akan gula merah kelapa sawit meningkat.


Praktik Baik Menghargai Prestasi Siawa, Orangtua Menghadiri Upacara Senin

Kegiatan upacara setiap senin yang dihadiri oleh orangtua siswa diharapkan mampu menjadi awal perekat tali silaturahmi antara
orang tua siswa dan guru-guru disekolah sehingga orang tua siswa mengetahui bagaimana lingkungan sekolah, kondisi sekolah, kegiatan belajar mengajar siswa disekolah dan bagaimana siswa disekolah melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Kegiatan ini biasanya dilaksanakan setiap senin dimulai pukul 06.45 hingga 07.10 wib. Setelah upacara, dilaksanakan kegiatan foto bersama
.
Praktik Baik Sholat Jumat dan Keputrian Setiap Hari Jumat Diiringi Jumat Berkah Disekolah

Dibuat program melaksanakan Program Jum’atan Bersama disekolah guru dan siswa. Disamping itu siswi juga berkegiatan ditempat terpisah dengan kegiatan keputrian dalam bentuk tahsin, siraman, rohani temanya keagaamaan yang diberikan oleh ustadzah dan tenaga ahli dibidangnya.

Disamping itu sudah terbentuk juga untuk bersedekah bersama untuk jumat berkah terutama untuk siswa- siswa yang jum’atan di sekolah dalam bentuk berdonasi menanamkan karakter saling berbagi dari guru dan orangtua siswa dan Alhamdulillah masih berjalan hingga saat ini.

Semoga ini dapat menjadi ladang amal bagi para guru, orangtua siswa dan stakeholder di SMKN 1 Pekanbaru.(***)

 





Berita Terkait

Tulis Komentar