Inovasi PLN "SuperSUN", Raih Juara SDG Innovation Summit 2023 di New York, Amerika

  • Kamis, 05 Oktober 2023 - 16:36:02 WIB | Di Baca : 241 Kali


SERIAU - PT PLN (Persero) berhasil menjadi juara 2 dalam event International SDG Innovation Leader Summit 2023 di New York, Amerika Serikat, berkat inovasinya dalam program  Surya Power Solusi untuk Negeri (SuperSUN). 

Melalui SuperSUN ini, PLN mampu bersaing dengan 11 tim dari berbagai negara, karena dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi ke generasi berikutnya sesuai dengan tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs). 

SuperSUN merupakan salah satu solusi ramah lingkungan untuk melistriki masyarakat di daerah terisolir atau wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). PLN membangun pembangkit individual tenaga surya dan baterai untuk menghadirkan listrik 24 jam. 

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan komitmen PLN untuk terus menerangi daerah-daerah 3T yang belum tersentuh listrik. Salah satu strategi yang digunakan dalam melistriki daerah 3T adalah dengan memanfaatkan potensi sumber daya energi lokal. 

"SuperSUN menjadi salah satu upaya inovasi yang dilahirkan oleh insan PLN. Penghargaan yang diraih oleh insan PLN ini tentu membuat kami bangga sekaligus menjadi cambuk bagi kami untuk tetap semangat dalam mewujudkan keadilan energi bagi seluruh rakyat Indonesia," ucap Darmawan. 

Dirinya menambahkan, dengan SuperSUN, PLN memanfaatkan tenaga surya untuk menghasilkan listrik bersih yang andal bagi masyarakat dan mengusung konsep keberlanjutan. 

PLN telah berhasil melistriki  Pulau Yarwezer, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat sebagai area _pilot project._ Dalam proses penerapan inovasi tersebut, PLN juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat.

“PLN memberikan SuperSUN set yang terdiri dari 1 buah inverter box, baterai dan kilowatt-hour (kWh) meter yang dihubungkan dengan solar panel secara gratis kepada setiap masyarakat yang belum mempunyai aliran listrik,” kata Darmawan.

Selain itu, PLN juga memberikan pelatihan kepada masyarakat terkait proses pemeliharaan dan pengoperasiannya. Dalam implementasinya, SuperSUN berhasil menghasilkan listrik dengan harga yang sangat murah yaitu hanya Rp1.237/kWh atau jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel. 

"Tentu biaya SuperSUN jauh lebih murah. Selain itu, biaya investasi yang dibutuhkan untuk merakit 1 unit SuperSun hanya Rp18 juta hingga Rp30 juta,” tambahnya.

Karena itu, Darmawan menegaskan, SuperSUN terbukti menjadi karya inovasi unggulan PLN karena mampu mendukung percepatan rasio elektrifikasi (RE) dan rasio desa berlistrik (RDB) 100 persen demi mewujudkan energi berkeadilan di Indonesia. Menurutnya, SuperSUN juga dapat diduplikasi dan dikembangkan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia karena ramah lingkungan, mudah diaplikasikan, efisien dan harganya lebih stabil. Hal ini sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s).

"Tidak hanya perkara harga energi yang murah, SuperSUN juga memberikan dampak nyata terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) seperti, tidak ada kemiskinan, tanpa kelaparan, pendidikan berkualitas, energi dan sanitasi bersih, energi terjangkau dan bersih, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta berkurangnya kesenjangan dan aksi iklim," tutup Darmawan.

Adapun empat inovator yang menjadi pionir program SuperSUN di SDGs Innovation yaitu Deskiniel dari PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Mukh. Faris ZR dan Siti Aisyah dari PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan, dan Devi Oktavianingtyas dari subholding PLN Nusantara Power.(rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar