Gunakan Energi Hijau, PLN Bangun PLTS untuk Melistriki Pulau Geranting Batam Kepulauan Riau

  • Senin, 02 Oktober 2023 - 12:59:06 WIB | Di Baca : 430 Kali

 


SERIAU – PT PLN (Persero) terus berkomitmen untuk melistriki daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di seluruh Indonesia. Menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), PLN segera menghadirkan listrik hijau di Pulau Geranting, Desa Pulau Terung, Batam, Kepulauan Riau.

 General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau (UIDRKR), Agung Murdifi menjelaskan, PLN saat ini sedang membangun PLTS di Pulau Geranting dengan kapasitas sebesar 174 kilowatt peak (kwp) dengan jaringan tegangan rendah sepanjang 1,03 kms.

”Pemanfaatan energi surya yang ramah lingkungan merupakan upaya transisi energi menuju energi bersih dalam melistriki masyarakat dengan potensi energi lokal. Dengan kondisi geografis yang memungkinkan, PLN mampu membangun dan mengembangkan PLTS di daerah-daerah terdepan. Pembangunan PLTS di Pulau Geranting ini ditargetkan untuk melistriki 233 pelanggan yang ditagetkan rampung pada akhir tahun 2023,” ujar Agung.

Agung juga menambahkan, PLN akan terus melakukan percepatan untuk melistriki dusun-dusun yang belum berlistrik. Mengingat ketersediaan listrik merupakan salah satu hal penting dalam kebutuhan hidup untuk menunjang akses pendidikan, ekonomi bahkan jangka panjang pertumbuhan bisnis dan industri di daerah.

“Harapannya, dengan adanya pembangunan PLTS ini ekonomi dan produktivitas dapat meningkat serta mendorong kesejahteraan masyarakat Pulau Geranting dan sekitarnya,” ujar Agung.

Selama ini warga di Pulau Geranting masih sulit mendapatkan akses listrik. Hal ini dikarenakan wilayah tersebut yang masih terisolir dan sulit dijangkau. Penggunaan pembangkit hijau yang dinilai praktis dipilih sebagai jawaban untuk melistriki daerah 3T dan menjadi salah satu upaya PLN untuk mendorong penggunaan energi hijau sekaligus mendukung tercapainya target net zero emission (NZE) pada 2060.(rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar