Karmila Sari Nahkodai IWAPI Rohil hingga 2027, Bertekad Wujudkan Perempuan Mandiri Untuk Majukan Daerah

  • Sabtu, 16 September 2023 - 16:00:18 WIB | Di Baca : 347 Kali

 

SeRiau - Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (DPC - IWAPI) Kabupaten Rokan Hilir masa bakti 2022-2027 resmi di Lantik. Karmila Sari dipercaya untuk memimpin perkumpulan wanita pengusaha itu hingga lima tahun kedepan.

Pelantikan berlangsung di salah satu hotel di Bagansiapiapi pada Sabtu siang (16/09/23). Pelantikan pengurus Iwapi Rohil berlangsung dengan lancar dan sukses.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekda Rohil, DR. H Ali Asfar S Sos MSi yang hadir dalam pelantikan tersebut mengapresiasi atas pengukuhan pengurus Iwapi Rohil masa bakti 2022-2027. Hadirnya pengurus baru itu mampu mewujudkan wanita mandiri mendukung kemajuan ekonomi.

" ini suatu langkah maju, terkhusus untuk wanita yang ada di Rohil, dengan dibentuknya Iwapi ini wanita bisa tergerak dan terpacu untuk berusaha, kalo ini bisa terwujud bisa membantu ekonomi rumah tangga dan membantu suami,"sebutnya.

Keberadaan Iwapi harus mampu merubah konsep wanita yang selama ini konsumtif menjadi produktif, melahirkan sejumlah bentuk usaha dengan memanfaatkan potensi lokal yang bisa menciptakan kemandirian ekonomi.

" kita tahu sejauh ini wanita itu konsumtif, naah dengan adanya Iwapi para wanita bisa menjadi produktif melalui usaha usaha yang kecil seperti usaha goreng kerupuk ubi balada apalagi dikaitkan dengan potensi yang ada daerah,"tuturnya.

Sementara itu Ketua IWAPI Rohil Karmila Sari bertekad ingin memproduksi, melahirkan dan membina wanita agar semakin cerdas sehingga melahirkan generasi yang cerdas.

" Sesuai dengan tema kita " wanita mandiri daerah maju"  kita ingin Iwapi banyak memproduksi dan membina wanita semakin cerdas tentu menghasilkan generasi yang cerdas pula kedepannya".

Ditambahkan Karmila, Iwapi Rohil membuat sejumlah program positif terutama dibidang ekonomi yang akan di realisasikan. Seperti mendukung usaha rumahan yang sedang di jalankan oleh wanita pengusaha. Iwapi mendorong agar setiap usaha memiliki PRT, sertifikasi halal serta lainnya untuk mendukung kesuksesan usaha tersebut.

"Banyak program positif yang bisa kita lakukan terutama di bidang ekonomi, yang mana mereka yang sudah punya usaha, kita support segala bentuk usaha rumahan yang dilaksanakan kan oleh kaum wanita seperti mendukung penataan PRT, sertifikasi halal, dan lainnya. kita akan menggandeng Kementan ,kadin, kemenag dan lainnya untuk memenuhi hal tersebut,"kata Karmila.

Disinggung terkait keberlangsungan UMKM, anggota DPRD Riau dapil Rohil itu menyebutkan bahwa kendala yang selama ini dihadapi oleh para pelaku umkm tidak terlepas dari permodalan maupun pemasaran. Iwapi Rohil mencoba memberikan edukasi dan informasi dengan menggandeng sejumlah instansi untuk mendukung berkembangnya usaha UMKM.

"untuk umkm ini juga harus kita dibina, sebab banyak kendalanya, kalo tidak dipasaran maupun permodalan, nah, ini kan banyak informasi seperti dari bank dan asosiasi yang lainnya yang memberikan bunga yang rendah , hal ini akan kami lakukan edukasi dan informasi kepada pengusaha, mereka yang posisi baru mulai berkembang dan menengah bisa terus berkembang kedepannya,"harap Karmila. (ad)





Berita Terkait

Tulis Komentar