Keahlian Siswa SLB di Uji di LKS Tingkat Provinsi Riau

  • Selasa, 05 September 2023 - 11:38:45 WIB | Di Baca : 437 Kali

 

Seriau,- Sebanyak 73 siswa SLB se Provinsi Riau mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK)  2003.

Kegiatan yang dilaksanakan hingga 7 September ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau diwakili Kabid SMA Fitra Jaya Purnama, Senin (4/9) malam di Hotel Furaya Pekanbaru.

Dalam arahannya, Fitra menyampaikan bahwa LKS PDBK ini sebagai sarana bagi siswa SLB untuk menunjukan keahliannya dalam berbagai keterampilan seperti merangkai bunga, menjahit, tata boga, kecantikan, kria kayu dan bidang lomba lainnya. Lomba yang mengedepankan keterampilan siswa ini diharapkan mampu membuat para siswa mandiri dan percaya diri.

Misalnya saja, ketermpilan tata boga menjahit dan tata kecantikan setelah tamat pendidikan, mereka bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri." Jadi, selain memilih wakil Riau ke LKS tingkat nasional, lomba ini bagian dari usaha menciptakan siswa bisa mandiri dan percaya diri yang tinggi. LKS ini sarana menguji keterampilan siswa," kata Fitra, Senin (4/9) malam di Hotel Furaya Pekanbaru

Sementara itu ketua panitia lomba Julita mengatakan dalam LKS PDBK Tingkat Provinsi 2023 ini, mempertandingkan 9 bidang lomba yakni Menjahit SMP/SMALB lokasi lomba di Yuliana Costume, Membatik SMPLB/SMALB lokasi di SMKN 4 Pekanbaru, Hantaran SMPLB/SMALB  lokasi di Hotel Furaya Pekanbaru, Merangkai Bunga SMPLB/SMALB di Hotel Furaya.

Selanjutnya, Tata Boga SMPLB/SMALB lokasi di SMK Tigama, Kecantikan SMPLB/SMALB lokasi di Hotel Furaya Pekanbaru, Kria Kayu SMPLB/SMALB lokasi di SMKN 4 Pekanbaru, Teknologi Informatika SMPLB/SMALB lokasi di Hotel Furaya dan terakhir lomba Kreasi Barang Bekas SMPLB/SMALB lokasi di Hotel Furaya Pekanbaru.

Dewan juri LKS berasal dari organisasi/ lembaga pendidikan, akademisi, sanggar/desainer, MUA Makeup Artis. Masing masing pemenang lomba akan mendapat uang tunai juara 1 Rp 4,5 juta, juara 2 mendapat uang tunai Rp 3,5 juta dan juara 3 mendapat uang tunai Rp 2,5 juta. (zal)
 





Berita Terkait

Tulis Komentar