Semarak SMK 2023, Gubri Serahkan SK SMK BLUD dan Bangga Hasil Produk Siswa SMK

  • Senin, 21 Agustus 2023 - 11:55:27 WIB | Di Baca : 621 Kali

 

Seriau,- Momen Semarak SMK 2023, menjadi sejarah perjalanan SMK di Riau. Dimana, 21 SMK ditetapkan sebagai SMK Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk pertama kalinya di Riau.

Launching dan penyerahan SK SMK BLUD ini langsung dilakukan oleh Gubernur Riau H Syamsuar disela acara Semarak SMK 2023 di MP Pekanbaru.

" Saya patut bangga, 21 SMK ini bisa menjadi SMK BLUD di Riau. Biasanya, semat BLUD ini hanya diperuntukan bagi RSUD Arifin Achmad, RS Petala Bumi dan RSJ Tampan," kata Gubri saat menyerahkan SK SMK BLUD, Minggu (20/8) sore di MP Pekanbaru.

Selain menyerahkan SK BLUD, Gubri juga bangga dengan produk yang dihasilkan oleh siswa SMK. Hal ini terlihat sangat atusiasnya gubernur Riau melihat satu demi satu stand SMK yang ada di MP Pekanbaru, baik itu produk teknologi, kuliner, busana dan lainnya sebagainya." Kita acungkan jempol sekolah bisa menghasilkan produk yang bernilai jual tinggi diterima di industri dan masyarakat. Saya bangga dengan hasil produk SMK ini," kata Gubri

Dengan BLUD ini juga, kata Gubri, sekolah bisa mencari uang sendiri dengan jasa dan produk yang dihasilkan sekolah. Begitu juga dengan pengelolaan keuangan lebih fleksibel dan lebih leluasa. Sekolah bisa bekerja sama dengan perusahaan untuk mencari keuntungan yang semuanya bermuara bagi kesejahteraan guru.

BLUD ini harapkan sekolah tidak lagi membebani APBD namun justru bisa membantu meringakan keuangan negara karena sudah bisa mencari uang sendiri dari produk yang dijual oleh sekolah." Oleh sebab itu, saya tunggu kinerja SMK BLUD ini. Saya akan lihat hasilnya nanti," kata Syamsuar.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau H. Kamsol diwakili Kabid SMK Dr Arden Simeru mengatakan Semarak SMK 2023 yang berlangsung hingga 22 Aguatus ini terdiri dari berbagai kegiatan mulai dari Lomba Kompetensi Siswa SMK se Provinsi Riau, SMK Expo, Talk Show SMK, Launching SMK BLUD,  Launching Lapak Vokasi dan Webside Rumah Vokasi Riau, Launching  Aplikasi Junior Smart BRI dan Festival Pelajar Nusantara RRI.

Dalam SMK Expo ini, kata Arden, menampilkan 40 stand yang berisikan hasil produk SMK yang ada di Riau. Sedangkan untuk LKS ada beberapa tempat lomba diantaranya PT Agung Automal, Hotel Furaya, UNILAK dan PCR." Alhamdulillah, Pak Gubernur Riau H. Syamsuar menghadiri langsung SMK Expo dan melihat hasil produk siswa SMK. Pak Gubri juga menyerahkan 21 SMK di Riau yang telah ditetapkan sebagai SMK BLUD," kata Arden

Berdasarkan data yang diterima, 21 SMK BLUD di Riau yakni SMKN 3 Pekanbaru, SMKN 1 Dumai, SMKN 1 Bangkinang, SMKN Kespar, SMKN 1 Pekanbaru, SMKN 7 Pekanbaru, SMKN 1 Pangkalan Kerinci.

Selanjutnya, SMKN 1 Tembilahan, SMKN 1 Mempura, SMKN 1 Kempas, SMKN 1 Rengat, SMKN 1 Tandun, SMKN 1 Ujungbatu, SMKN 6 Pekanbaru, SMKN 3 Mandau, SMKN 1 Tambusai, SMKN 5 Pekanbaru, SMKN 4 Pekanbaru, SMKN 2 Pekanbaru, SMKN 1 Pangkalan Lesung, SMKN Pertanian Terpadu (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar