Jumlah Peserta Meningkat, 40 Siswa SMA/MA Lolos ke OSN Tingkat Nasional

  • Jumat, 18 Agustus 2023 - 23:33:54 WIB | Di Baca : 670 Kali

 

Seriau,- Sebanyak 40 siswa SMA/MA berhasil lolos mewakili Riau di Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional. Jumlah peserta lolos ke tingkat nasional ini meningkat jika dibandingkan dengan jumlah peserta tahun lalu.

" Jumlah siswa Riau yang lolos ke nasional bertambah dari tahun lalu hanya 36 orang. Tahun ini meningkat menjadi 40 orang," kata Elvira Yuaningtias selalku penitia pembinaan OSN tingkat nasional, Jumat (18/8) di Hotel Angkasa Garden Pekanbaru.

Dari 40 siswa yang lolos ke OSN nasional, kata Elvira, terbanyak untuk  bidang lomba Kimia, Astronomi, dan Ekonomi masing masing 6 orang. Selanjutnya Kebumian 5 orang  Informatika 4 orang, Biologi 3 orang, Fisika 3 orang, Geografi 3 orang dan Matematika  3 orang.

Sebelum ketingkat nasional 27 Agustus ini, 40 siswa ini terlebih dahulu diberi pembinaan selama 5 hari mulai tanggal 18 hingga 22 Agustus di Hotel Angkasa Garden. Instruktur pembinaan berasal dari pelatihan OSN Com ( Pelantos Nasional Indonesia).

Sekretaris Disdik Riau Tati Lindawati saat membuka kegiatan pembinaan mengatakan agar siswa yang mewakili OSN tingkat nasional bisa mempersiapkan diri secara matang. Pembinaan yang dilakukan 5 hari kedepan ini salah satunya untuk mempersiapkan siswa agar memperoleh hasil yang maksimal." Target ibu dari 40 siswa Riau ini bisa meraih medali emas. Minimal, perak atau perunggu. Jadi jangan kecewakan nama Riau, sekolah dan bapak ibu guru di sekolah," kata Tati

Sementara itu Tim Instruktur Pembinaan OSN Riau, Putra dari Pelantos Nasional Indonesia menekankan materi pembinaan kearah praktek lapangan dan observasi. Sebab, kalau teori siswa sudah mengusai hanya tinggal praktek dan soal observasi." Ya, 5 hari ini kita fokus ke praktek dan observasi agar hasil bisa maksimal," kata Putra. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar