Warga Jalan Parit Cik Mamat, Dumai Keluhkan Jalan yang Berlumpur Tanah

  • Sabtu, 19 Agustus 2023 - 17:54:34 WIB | Di Baca : 454 Kali

 

SeRiau – Meski Kota Dumai merupakan salah satu Kota Madya, namun kesejahteraan masyarakatnya, terutama dalam bidang infrastruktur jalan masih jauh teringgal. Seperti yang dirasakan oleh warga Jln.Parit Cik Mamat RT.04 Kelurahan Mundam, Kecamatan Medang Kampai, keluhkan akses jalan utama mereka bertahun-tahun tak kunjung dilakukan pembangunan oleh Pemerintah Kota Dumai.

Pembangunan jalan yang baru dilakukan oleh Pemko Dumai pada Tahun 2022 hanya sepanjang 100 meter, sedangkan jalan yang rusak parah tersebut mencapai lebih kurang 400 meter. Hal ini dikeluhkan Maisarah salah satu warga Jln.Parit Cik Mamat, Maisarah menyampaikan, bahwa kondisi Jalan Parit Cik Mamat tersebut sudah bertahun-tahun mengalami kerusakan parah.

"Jalan itu sudah rusak parah, sebelum saya membangun rumah di wilayah ini. Saya saja  lebih kurang 7 tahun bertempat tinggal di wilayah ini, ya kondisi jalannya rusak parah, apa lagi ketika diguyur hujan," cetus Maisarah Jum'at (18/08/2023) kepada media ini.
Maisarah mengakui bahwa pada Tahun 2022 Pemko Dumai telah melakukan pembangunan Jalan Parit Cik Mamat sepanjang lebih kurang 100 meter. Namun menurutnya, masih ada lebih kurang 300 meter lagi jalan tersebut sangat perlu dibangun oleh Pemko Dumai.

Maisarah berharap kepada Dinas Instansi terkait, terutama Walikota Dumai H.Paisal untuk memperhatikan pembangunan di daerah yang kategori jauh dari perkotaan. Sebab warga juga menginginkan akses jalan bagus, seperti yang dirasakan oleh masyarakat yang bertempat tinggal di perkotaan.

"Jangan hanya perkotaan saja yang diperhatikan oleh Pemko Dumai, tolong perhatikan juga kami yang tinggal jauh dari perkotaan ini." tandas Maisarah.
Terkait persoalan ini, awak media mencoba konfirmasi kepada Kadis PUPR Dumai melalui Dody selaku Kabid Bina Marga sekaligus ingin bertemu dan menyampaikan secara langsung, namun sepertinya Dody enggan untuk bertemu dengan awak media dengan mengatakan,"Maaf saya sedang rapat, masukan saja proposalnya antarkan kepada BM," jawab Dody via WhatsAppnya beberapa hari lalu.

Hingga berita ini diterbitkan, Dody Kabid Bina Marga (BM) PUPR Dumai tak kunjung menjawab kapan ia meluangkan waktunya untuk dapat ditemui oleh awak media.

Disisi lain, awak media juga menyampaikan persoalan kondisi Jalan Parit Cik Mamat ini kepada Walikota Dumai H.Paisal via WhatsAppnya, namun hingga berita ini diterbitkan sang Pemimpin Nomor Satu Kota Dumai ini tak kunjung merespon keluhan tersebut.

Berbeda dengan Said Effendi selaku Kepala Dinas Perhubungan Dumai, sang Kadis cukup merespon apa yang disampaikan warga melalui awak media terkait lampu penerangan jalan di Jalan Parit Cik Mamat tersebut yang sudah lama mati. Said sangat mudah untuk ditemui dikantornya dengan terlebih dahulu koordinasi via WhatsAppnya
Setelah awak media menemui diruangan Kantornya, Said mengatakan silahkan Download Aplikasi SIPERJAKA milik Dinas Perhubungan Dumai di Google, dan silahkan masukan pengaduan dimana lokasi lampu penerangan jalan yang rusak atau juga ada pengajuan lampu jalan yang perlu dipasang.

"Dishub telah berupaya untuk mempermudah masyarakat Kota Dumai untuk memberikan informasi pengaduan dimana saja lampu penerangan jalan yang rusak dan dimana saja perlu ditambahkan pemasangan baru lampu penerangan jalan," imbuh Said.

Dengan penyampaian Said tersebut, awak media pun mencoba Download Aplikasi SIPERJAKA tersebut di Google, dan langsung mengisi kolom pengaduan lampu penerangan jalan yang rusak dan penambahan lampu penerangan jalan di aplikasi tersebut.

Dihari yang sama sekitar sore hari, tampak dalam Aplikasi tersebut bahwa pengaduan langsung direspon dan langsung petugas Dishub turun kelokasi titik pengaduan tersebut. Saat dikonfirmasi kembali, Said mengatakan, bahwa beberapa titik lampu tersebut mengalami kerusakan.

"Sudah disurvey, lampu lama putus semua. Jika barang yang diperlukan sudah ada, maka akan dipasang." tutup Kadishub Dumai.

Penulis : Dedi Iswandi





Berita Terkait

Tulis Komentar