Dasril: Guru TIK Harus Update dan Upgrade Keilmuanya, Jangan Sampai Kalah dengan Siswa

  • Rabu, 09 Agustus 2023 - 10:09:57 WIB | Di Baca : 374 Kali

 

Seriau, - Unsur penting dalam peningkatan kualitas pendidikan salah satunya kompetensi guru. Dinas Pendidikan Provinsi Riau melalui Bidang Guru Tenaga Kependidikan (GTK) mengelar Diklat bagi guru Teknologi Informsi Komputer (TIK) se Provinsi Riau.

" Jangan sampai guru TIK kalah keilmuannya dengan siswa. Guru TIK harus terus mau meng-update dan meng-upgrade kemampuannya. Kalau tidak, ya kita akan ketinggalan dengan kemajuan teknologi di zaman sekarang ini," kata Kabid GTK Disdik Riau Dasril. MPd saat membuka Diklat Guru TIK se Provinsi Riau, Selasa (8/8) malam di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru

Dasril menyampaikan bahwa kualitas siswa sangat tergantung dari kompetensi tenaga pendidik. Kalau bagus gurunya, bagus juga siswanya. Begitu sebaliknya jika rendah kualitas gurunya, maka akan rendah pulak kualitas siswanya. Hasil ini akan berbanding lurus (linear) dengan kompetensi guru dengan kualitas siswa. Kalau guru sudah berkualitas pastilah anak didik berkulitas pula.

" Oleh sebab itu, Disdik Riau terus berkomitmen meningkatkan kualitas tenaga pendidik dengan Diklat seperti yang dilakukan malam hari ini," ujar Dasril

Dihadapan peserta Diklat, Dasril juga mengatakan Gubernur Riau H Syamsuar sangat komit untuk memajukan dunia pendidikan di Riau. Ini dibuktikan dengan banyak program beasiswa baik yang dirasakan oleh gutu dan siswa. Selain itu Gubernur Riau, pentingnya peningkatan SDM terutama tenaga pendidik.

" Jangan sampai kita menjadi penonton di daerah kita sendiri. Karena itu, Pak Gubernur selalu komit pentingnya peningkatan sumbar daya manusia. Peningkatan SDM ini berada ditangan bapak ibu guru yang akan mendidik para generasi muda," kata Dasril.

Dasril mengharapkan kepada peserta yang berjumlah 96 guru TIK se Provinsi Riau agar serius dan bersemangat. Tidak mudah bapak ibu guru mengikuti Diklat ini. Peserta disini terpanggil dan terpilih mengikuti kegiatan ini, bukan kebetulan tapi ada campur tangan tuhan yang membawa para guru bisa menjadi peserta dalam kegiatan ini." Tetap jaga disiplin waktu. Jangan sia sia waktu 4 hari ini. Ikuti semua materi yang disampaikan nara sumber untuk menambah ilmu," tegas Dasril

Sementara itu narasumber Dr Lusi Komala Sari menambahkan bahwa ilmu teknologi ini setiap saat terus mengalami perubahan. Bagi guru TIK harus bisa meng-update dan meng-upgrade keilmuannya dengan pembelajaran kekinian. Siswa sekarang tidak sama dengan siswa dulu.

" Jangan sampai guru ketinggalan informasi. Malahan duluan siswa yang mengetahui informasi dari pada gurunya. Guru harus terus meningkatkan kompetensi keilmuan sesuai dengan kemajuan teknologi," katanya (zal)
 





Berita Terkait

Tulis Komentar