BRK Syariah Lakukan MoU dengan UIN Suska Riau

  • Sabtu, 05 Agustus 2023 - 16:23:17 WIB | Di Baca : 319 Kali

 


SeRiau - Pekanbaru – PT Bank Riau Kepri Syariah (Perseroda) melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau terkait layanan jasa perbankan di lingkungan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Dana dan Jasa BRK Syariah M.A Suharto dengan Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr H Hairunas di Ruang Sharia Digital Center Menara Dang Merdu BRK Syariah, Jumat (4/8/2023) sore dan dilanjutkan dengan pemberian cenderamata dari masing-masing pihak.

Ruang lingkup MoU ini adalah penggunaan layanan jasa perbankan yang meliputi layananan jasa transaksi penerimaan dan pengeluaran keuangan di UIN Suska Riau serta jasa keuangan lainnya. MoU ini akan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerjasama antara UIN Suska Riau dengan Branch Manager BRK Syariah Cabang Bangkinang.

Direktur Dana dan Jasa, M.A Suharto pada kesempatan itu menyampaikan BRK Syariah ini ada 180 jaringan kantor diantaranya 1 kantor di Menara Dang Merdu, 1 di Jakarta dan sisanya tersebar di Kabupaten/Kota se Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau.

“Hal ini memang yang sangat kami tunggu-tunggu, hampir semua Universitas di Pekanbaru sudah melakukan perjanjian kerjasama dengan BRK Syariah. Sebagaimana diketahui BRK Syariah ini sahamnya untuk seri B itu ada Koperasi Karyawan yang juga sudah Syariah,” kata MA Suharto.

Suharto mengatakan kantor BRK Syariah ini sangat tersebar luas bahkan ada satu pulau yang perbatasannya dekat dengan Pontianak yaitu Tambelan. Jika dilihat dari sebaran mahasiswa UIN juga cukup besar dan bisa kita optimalkan saat nanti sudah melakukan kerjasama Jasa layanan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa ini.


“Beberapa perguruan tinggi kerjasamanya sudah kami terapkan dengan sistem host to host dan nanti akan kita kembangkan dengan sistem virtual account. Untuk layanan, kami memiliki 16 mobil kas keliling yang dapat membantu yang jauh dari kantor BRK Syariah. Bahkan sejumlah daerah dalam pembayaran pajak juga sudah menggunakan QRIS BRK Syariah dan saat ini kita lagi kembangkan untuk pembayaran PKB dengan melalui QRIS,” kata Suharto.

Sementara itu, Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr H Hairunas dalam sambutannya menyampaikan pihaknya datang dengan membawa pengurus lengkap yang berkaitan dengan isi MoU tersebut. “Kami sangat senang dengan adanya penandatanganan MoU ini. Pada tahun 2010 UIN Suska Riau sudah bekerjasama dengan BRK Syariah,” kata Hairunas.

“Kita tengah mencoba terus membuat aplikasi baru berbasis digital. Seiring dengan perkembangan teknologi digitalisasi, BRK Syariah juga sudah melakukan itu. Kita pernah sharing, bagaimana kalau kita punya anggaran baik BLO maupun RM yang masuk ke kantong UIN Suska Riau Rp 302 miliar pertahun. Ini jika difungsikan bersama BRK akan lebih baik, tetapi saat itu karena ada kendala jadi itu tidak terwujud,” katanya.

Hairunas menyebutkan ini merupakan langkah awal untuk mengembalikan rekam jejak kerjasama beberapa waktu lalu antara UIN Suska Riau dengan BRK Syariah. “Mudah-mudahan kerjasama ini dapat berjalan dengan baik. Hal-hal terkait lainnya termasuk dengan CSR dari BRK Syariah melalui Pemda setempat,” imbuhnya lagi.

Tutut hadir juga Wakil Rektor III UIN Suska Riau Prof Edi Erwan, Kepala Biro Administrasi dan Akademik Mahasiswa dan Kerjasama Jasmidar, Plt Biro AUPK UIN Suska Riau Fitriyanti beserta jajaran pengurus UIN Suska Riau lainnya, Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan Edi Wardana, Branch Manager BRK Syariah Cabang Bangkinang M Zamroni Fatoni serta sejumlah Pemimpin Bagian di Kantor Pusat BRK Syariah. ***





Berita Terkait

Tulis Komentar