Kabid GTK: BKK Penting Bagi SMK, Harus Diperkuat

  • Selasa, 25 Juli 2023 - 10:38:07 WIB | Di Baca : 363 Kali

 

Seriau,- Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK merupakan unit struktur yang sangat penting bagi SMK. BKK ini sebagai pusat informasi bagi lulusan.

" Jangan disepelekan. BKK ini harus diperkuat karena di BKK ini semua arus informasi bagi lulusan baik itu lowongan tenaga kerja dan lain sebagainya," kata Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdik Riau Dasril MPd saat membuka Kegiatan Diklat Pengelolaan BKK Provinsi Riau, Rabu (24/7) malam di Hotel Furaya Pekanbaru

Penting BKK bagi sekolah, kata Dasril Disdik Riau memberikan pendidikan dan Latihan (Diklat) Pengelola BKK se Provinsi Riau Angkatan II. Diklat BKK yang dikuti 50 peserta ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengelola bursa kerja khusus  sekaligus untuk meningkatkan pelaksana tracer study/penelusuran tamatan yang tersebar di dunia kerja oleh BKK SMK.

" BKK ini ada hubungan dengan keberhasilan lulusan SMK terserap di dunia kerja. Maka sudah seharusnya pengelolaan BKK ini harus diperkuat untuk meningkatkan kualitas lulusan," kata Dasril

Ditambahkan Dasril, dengan kegiatan Diklat ini diharapkan BKK yang dimiliki SMK bisa berjalan dengan baik. BKK ini unit di sekolah yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja kepada lulusan." Pesan saya ikutilah Diklat ini sebaik baiknya. Gali informasi dari narasumber," harap Dasril.

Sementara itu salah satu peserta Diklat BKK Ahsan dari SMKN 1 Tambusai mengatakan BKK ini sebagai pusat informasi bagi lulusan. Selain itu, BKK ini juga sebagai tempat penyaluran tenaga kerja ke dunia industri.

" Biasanya BKK akan yang memfasilitaai penerimaan bagi siswa yang ingin bekerja ke dunia usaha. Perusahaan akan memberikan informasi ke BKK kalau ada tamatan yang ingin bekerja. Perusahaan ini terlebih dahulu bekerja sama dengan sekolah," kata Ahsan (zal)
 





Berita Terkait

Tulis Komentar