Empat Fakultas di UIR MoU dengan Sekolah dan Madrasah di Bawah Naungan YLPI Riau

  • Selasa, 25 Juli 2023 - 23:29:12 WIB | Di Baca : 415 Kali

 

Seriau,- Sekolah dan Madrasah dibawah Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau MoU dengan empat fakultas yang ada di Universitas Islam Riau (UIR), Selasa (25/7) di Gedung YLPI Riau

Empat fakultas tersebut yakni Fakultas Teknik, FKIP, Fakultas Psikologi dan Fakultas Agama Islam (FAI). Penandatanganan MoU langsung dilakukan oleh masing  masing kepada sekolah madrasah dengan dekan. Penandatangana tersebut juga disaksikan langsung oleh Katua Umum YLPI Riau, Prof Dr.H Nurman. MSi.

Ketua Umum YLPI Riau Prof Nurman mengatakan kerjasama sekolah/madrasah dengan fakultas yang ada di UIR sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Kerjasama ini bertujuan untuk saling menunjang pelaksanaan tugas dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang relevan sesuai dengan perkembangan IPTEK.

Sasaran kerjasama ini, kata Nurman, bagaimana meningkatan kualitas proses pembelajaran. Meningkatkan keterampilan dan kualitas tenaga akademik serta lulusan. Dengan kerjasama ini sekolah dan madrasah akan menjadi binaan 4 fakultas baik dari segi peningkatan kualitas tenaga guru dan siswa," kata Nurman dihadapan kepala sekolah dan dekan, Selasa (25/7) di Pekanbaru.

Nurman menjelaskan, fakultas yang bekerjasama ini ada kaitannya dengan sekolah yang ada di YLPI Riau seperti peralatan yang miliki oleh masing masing fakultas dan sumber daya manusia.

Misalnya, SMA Serirama Vokasi ada jurusan RPL. Sekolah bisa berkoordinasi dan mengunakan perataan yang ada di jurusan RPL di Fakultas Teknik UIR. Begitu juga dengan FKIP dan FAI yang banyak ahli bahasa seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Arab

." Bisa saja dosen atau mahasiswa sekali seminggu memberikan ekskul bahasa inggris dan arab kepada siswa. Dua bahasa ini harus dikuasai oleh siswa karena sangat penting  kegunaannya di zaman sekarang ini," terang Nurman.

Sementara Dekan FKIP UIR Dr Miranti Eka Putri. Med mengutarakan dirinya bersama tim siap untuk membantu sekolah dan madarasah yang ada di bawah naugan YLPI Riau. Hanya saja, untuk memulai pekerjaan ini, dirinya harus mengumpulkan konseptor mulai dari TK, SD, SMP, MTs, SMA dan UIR agar semua permasalahan bisa teratasi.

Ibarat suatu penyakit, harus tahu dulu sakitnya apa, penyebabnya apa. Setelah penyakitnya tahu, barulah dicarikan solusi obatnya. Begitu juga dengan sekolah, apa yang menyebabkan minat masyarakat terhadap sekolah rendah. Itu harus dicari tahu.

" Jadi kita harus tahu dulu, apa yang menyebab semuanya ini, setelah tahu, baru kita bisa melangkah. Mari bapak ibuk kepala sekolah tentukan waktu dan hari apa, kita bisa menampung semua konseptor dari bapak ibu guru. Mari kita duduk bersama, apa yang akan kita kerjakan. Saya bersama tim siap untuk membantu semua itu," kata Miranti

Hal sama juga dikatakan oleh Dekan Psikologi UIR Yanwar Arief. Menurutnya, yang paling penting sekali itu kualitas guru. Kalau guru sudah berkualitas, pastilah dengan sendirinya sekolah tersebut juga berkualitas." Jadi yang penting kualitas guru harus kita tingkatkan. Sarana prasarara sekolah harus terpenuhi. Kalau dua unsur ini terpenuhi, pastilah masyarakat akan memilih sekolah tersebut," sebut Yanwar

Hadir dalam penandatangan MoU tersebut, Sekretaris YLPI Riau, Ketua Harian YLPI Riau, Ketua II YLPI Riau, Ketau Bidang Pendidkan YLPI Riau dan Wakil Rektor II UIR (zal)
 





Berita Terkait

Tulis Komentar