Adu Kebolehan dan Ketangkasan, 84 Siswa SLB di Riau Ikuti O2SN PDBK Provinsi

  • Selasa, 25 Juli 2023 - 15:01:13 WIB | Di Baca : 422 Kali


 

Seriau,- Sebanyak 84 siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) adu kebolehan dan ketangkasan diajang lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (O2SN PDBK) Tingkat Provinsi Riau, Senin (24/7) malam di Hotel New Hollywood Pekanbaru.

Kepala Bidang PKPLK Disdik Riau Fitra Jaya Purnama mengatakan 86 peserta didik SLB ini akan mengikuti 8 cabang olahraga yang di pertandingkan yakni Lempar Turbo Putra SDLB, Bocce Putri SDLB, Balap Kursi Roda SMPLB/SMALB, Lari 100 Meter Putra SMPLB/SMALB.

Selanjutnya, Lompat Jauh Putri SMPLB/SMALB, Bulu Tanglis Putra SMPLB/SMALB, Catur Putra Putri SMPLB/SMALB dan Tenis Meja Putra SMPLB/SMA LB. Tujuan lomba O2SN PDKB ini salah satunya untuk mempersiapkan siswa SLB untuk berlaga di O2SN PDBK tingkat nasional.

Kegiatan ini juga untuk menyalurkan bakat dan minat siawa SLB dalam bidang olahraga. Dewan juri perlombaan berasal dari organisasi, lembaga pendidikan, akademisi  praktisi dan seniman. Selain siswa yang ikut bertanding O2SN PDKB juga mengikutsertakan pendamping sebanyak 84 orang.

Lomba yang berlangsung hingga 27 Juli ini memperebutkan hadiah uang tunai, sertifikat dan medali. Bagi juara 1 setiap bidang lomba mendapatkan uang tunai sebesar Rp 4,5 juta. Juara 2 mendapat uang tunai Rp 3.5 juta dan juara 3 mendapatkan uang tunai Rp 2,5 juta." Bagi pemenang setiap bidang lomba akan mewakili Riau di O2SN PDKB tingkat nasional," kata Fitra didampingi ketua panitia Yasni MPd, Senin (24/7) malam di Hotel New Hollywood Pekanbaru.

Sementara itu Kadisdik Riau diwakili Sekretaris Disdik Riau Tati Lindawati saat membuka O2SN PDKB Tingkat Provinsi Riau mengatakan bahwa anak berkebutuhan khusus ini juga tidak kalah hebatnya dengan anak normal. Mereka juga bisa bertanding dengan sportif. Kalah dan menang hal biasa tetapi bagaimana anak anak SLB ini bisa menyalurkan bakat dan minatnya dengan perlombaan.

" Jadi kita beri wadah bagi anak SLB dengan lomba O2SN PDBK, tidak hanya ditingkat provinsi, tapi juga nasional. Kepada dewan juri berilah  penilaian yang objektif, karena pemenang akan mewakili Riau," kata Tati Lindawati (zal)
 





Berita Terkait

Tulis Komentar