Kembangkan Soft Skill dan Mutu Akademik, 270 Mahasiswa Umri di Gembleng di Batalyon Arhanud 13/PBY/ Pekanbaru

  • Ahad, 11 Juni 2023 - 01:13:59 WIB | Di Baca : 390 Kali

 

Seriau,- Sebanyak 270 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menjalani pengembangan soft skill dan peningkatan mutu akademik, mulai Sabtu (10/6) dan Minggu (11/6)

Pelatihan bela negara dan kepemimpinan yang dipusatkan di Batalyon Arhanud 13/PBY/ Pekanbaru ini, dibuka Rektor UMRI, Dr Saidul Amin

Dihadapan mahasiswa, Saidul mengatakan melalui pengembangan soft skill bela negara dan kepemimpinan tersebut agar mahasiswa UMRI bisa memiliki kedisiplinan yang bagus, memiliki jiwa leadership atau kepemimpinan yang tinggi serta yang terpenting selalu mencintai negaranya dengan sepenuh hati.

" Saya tekankan agar mahasiswa mengikuti pelatihan itu dengan sepenuh hati, karena kedisiplinan yang mereka jalani di Batalyon Arhanud 13/PBY tentulah sangat berbeda dengan suasana disiplin jika berada di lingkungan kampus," kata Rektor

Rektor juga mengatakan, pelatihan ini agar mahasiswa tidak manja dan tidak punya sifat patriotis. Untuk itulah kita ingin menamankan kecintaan bela negara, nilai-nilai kepemimpinan dan kedisiplinan kepada mahasiswa.

Sementara Wadanyon Batalyon Arhanud 13/PBY, Mayor Catur Sopan Permana mengatakan pelatihan kepemimpinan dan bela negara dilatih 35 personil dan 22 personel pendukung yang akan membina dan melatih para mahasiswa. Dalam pelatihan ini nanti, pihaknya memberikan materi berapa wawasan kebangsaan, menanamkan nilai-nilai karakter bangsa, nilai-nilai kepemimpinan dan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB)

Tidak hanya itu, juga ada pengenalan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dimiliki di Batalyon Arhanud 13/PBY).

Catur juga menyampaikan untuk melatih dan membina para mahasiswa, personel TNI AD nantinya akan menyisipkan pelatihan secara semi militer. Hal itu juga melihat kondisi para mahasiswa yang tentunya bukan berasal dari militer dan juga belum pernah mengikuti pelatihan militer sebelumnya.

" Kami punya standar personel yang menjadi pelatih dan pendukung pada kegiatan ini. Diharapkan personel-personel itu nanti bisa semaksimal mungkin melakukan tugasnya dalam membina dan melatih para mahasiswa," katanya (zal)
 





Berita Terkait

Tulis Komentar