Apical Rayakan Hari Susu Sedunia, Bagikan 24 ribu Karton Susu dan Memberdayakan Peternak dan Komunitas Sekitar

  • Rabu, 31 Mei 2023 - 22:09:34 WIB | Di Baca : 708 Kali

 

SeRiau- Ketika dunia sedang merayakan Hari Susu Sedunia,  Apical salah satu pengolah minyak nabati terkemuka, berusaha keras untuk memberdayakan peternak dan memberikan kembali manfaatnya kepada masyarakat. Karena permintaan susu dan produk susu terus mengalami kenaikan yang luar biasa, Apical, melalui rangkaian produk nutrisi hewannya (Optymax) memungkinkan peternak untuk meningkatkan produksi susu dan memastikan produktivitas yang konsisten, yang pada akhirnya memberdayakan mereka untuk tetap kompetitif di pasar susu yang berkembang pesat saat ini.

Sejalan dengan hal tersebut, Apical bersama Tanoto Foundation juga melakukan pembinaan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan susu yang merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Pada peringatan hari susu se-dunia kali ini, Apical membagikan sebanyak 24 ribu karton susu dan memberikan program pemberdayaan bagi peternak dan komunitas sekitarnya.

Dari protein dan kalsium hingga vitamin dan mineral, susu dan produk turunan susu telah menjadi bagian integral dari diet di seluruh dunia. Seperti yang dilansir dari laporan Statista, pasar susu diperkirakan tumbuh setiap tahun dengan tingkat pertumbuhan per tahun sekitar 6,91% (2023 – 2028). Tugas ke depan adalah bagaimana memenuhi permintaan yang meningkat ini sambil memastikan produktivitas dan keberlanjutan yang konsisten di industri susu

“Lemak pakan sangat penting untuk nutrisi hewan dan jumlah nutrisi yang dibutuhkan berbeda menurut spesies dan sistem pencernaannya. Rangkaian Optymax yang terdiri dari tiga seri produk diformulasikan untuk ruminansia, monogastrik, dan unggas. Terdiri dari Seri Palmatik, Seri Trygliserida, dan Seri Garam Kalsium, produk ini terbuat dari asam lemak turunannya yang berasal dari sumber yang berkelanjutan. Rangkaian dikembangkan untuk meningkatkan hasil susu dan memastikan produktivitas yang konsisten dan menguntungkan, baik bagi ternak maupun peternak,” kata Ashish Anant, Senior Business Manager (Animal Nutrition) Apical.

Nutrisi yang Tepat Jalan Menuju Masyarakat Lebih Sehat

Menyadari peran penting nutrisi yang tepat, sejalan dengan Hari Susu Sedunia, Apical bersama Tanoto Foundation berkolaborasi untuk menjembatani kesenjangan nutrisi dan mendorong pertumbuhan yang sehat.

Sementara itu CSR Manager Apical, Agus Wiastono mengatakan, “Setiap anak berhak mendapatkan kesempatan untuk tumbuh, berkembang, dan mencapai potensi penuh mereka. Melalui komitmen kami yang ingin memberikan manfaat kepada masyarakat, kami berusaha untuk menyediakan lebih dari sekedar susu – kami menawarkan nutrisi dan pendidikan. Kami memberdayakan satu generasi dengan nutrisi yang baik sambil menciptakan masa depan yang lebih sehat untuk semua anak.”

Dengan dukungan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), pos pelayanan terpadu (Posyandu), dan berbagai sekolah, Apical telah mengidentifikasi anak-anak yang tinggal di sekitar wilayah operasionalnya yang berusia antara 2 – 5 tahun yang membutuhkan susu yang diperkaya dengan nutrisi penting. Sebanyak 19.850 karton susu dipasok ke masyarakat yang membutuhkan. Setiap anak akan diberi susu dalam jumlah yang cukup selama periode waktu tertentu, sebagaimana dikelola dan ditentukan oleh Puskesmas maupun Posyandu.

Selain itu, menjelang Hari Susu Sedunia dan bagian dari inisiatif komunitasnya, Apical mengunjungi banyak keluarga untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya gizi seimbang dan peran susu dalam mendukung pertumbuhan anak.

“Kita perlu mengadopsi pendekatan komprehensif untuk meningkatkan gizi dan nutrisi pada anak-anak. Selain memberikan susu, sangat penting untuk memberdayakan keluarga dengan informasi yang mereka butuhkan untuk membuat pilihan yang tepat tentang pola makan serta nutrisi anak-anak mereka,” ujar Dendi Satria Buana, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Riau.

Tidak hanya dibagikan ke masyarakat sekitar wilayah operasional Apical, seluruh kantor Apical di seluruh dunia juga turut merayakan Hari Susu Sedunia dengan membagikan 4.230 paket susu kepada seluruh karyawan Apical.

Hingga saat ini, dengan aset terintegrasi di lokasi yang strategis mencakup Indonesia, Cina, dan Spanyol, Apical mengoperasikan sejumlah kilang, pabrik oleokimia, pabrik biodiesel, dan pabrik penghancur kernel. Melalui usaha patungan, Apical juga memiliki operasi pemrosesan dan distribusi di Brasil, India, Pakistan, Filipina, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat dan Vietnam. (Dedi)





Berita Terkait

Tulis Komentar