Dukung Program Merdeka Belajar, Gubri Terima Penghargaan Merdeka Belajar dari Mendikbudristek

  • Rabu, 31 Mei 2023 - 10:39:00 WIB | Di Baca : 542 Kali

 

Seriau, -Bentuk kepedulian dan mendukung kebijakan program Merdeka Belajar, Gubernur Riau Syamsuar dianugerahi Penghargaan Merdeka Belajar dari Mendikbudristek Nadiem Makarim, Yogyakarta, Senin (29/5).

Penyerahan penghargaan kepada Gubernur Riau diwakili langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Riau Dr H. Kamsol.

Menurut Kamsol, penghargaan Merdeka Belajar yang diterima Gubernur Riau tidak terlepas dari dukungan dan perhatian Gubernur Riau dalam menjalakan program Merdeka Belajar yang ditetapkan Kemendikbudristek

" Program merdeka belajar ini menjadi skala prioritas Pak Gubernur. Atas perhatian dan dukungan program Merdeka Belahar 
Gubernur Riau Syamsuar dianugerahi penghargaan Merdeka Belajar oleh Mendikbudristek," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Dr Kamsol, Selasa (30/5) di Kantor Disdik Riau.

Dijelaskan Kamsol, perhatian Gubernur Riau dalam bidang pendidikan yakni terus meningkatkan ketersediaan akses pendidikan, seperti melalui pembangunan USB, RKB, BOSDA, bantuan pendidikan siswa miskin dan komunitas adat terpencil.

Kemudian, peningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, meningkatkan kualitas serta relevansi pendidikan menengah dan pendidikan vokasi SMA Penggerak 48 dan SMK Pusat Unggulan 43.

Mengalokasikan belanja pendidikan setiap tahunnya lebih dari 20 persen dari APBD Provinsi Riau, dan menyusun perencanaan pendidikan dengan memperhatikan rapor pendidikan sebagai salah satu hasil dari Asesmen Nasional." Dukungan beasiswa bagi guru, mahasiswa bidikmisi, komunitas adat terpencil dengan prestasi," katanya

Capaian bidang penddikan adalah pada hun 2022, IPM Provinsi Riau mencapai 73,52 meningkat 0,80 persen dibandingkan tahun 2021. IPM Provinsi Riau pada tahun 2022 berstatus tinggi. Lalu harapan lama sekolah (HLS) meningkat 0,01 tahun (0,08 persen) dibandingkan tahun 2021 menjadi 13,29,  Rata-rata Lama Sekolah (RLS) meningkat 0,03 tahun (0,33 persen) dibandingkan tahun 2021 menjadi 9,22, dan masih banyak prestasi lainnya.

Pemprov Riau dalam bidang pendidikan adalah meningkatkan pemerataan akses dan mutu pendidikan, melanjutkan dan memperluas program pendidikan vokasi. Peningkatan kualitas pendidik melalui program beasiswa, peningkatan kompetensi, sertifikasi profesi, dan lain-lain, meningkatkan kualitas kelulusan peserta didik melalui pemenuhan kebutuhan sekolah sesuai standar, penyelenggaran sekolah unggulan (SMAN Plus, SMAN Pintar, SMAN Olahraga, serta memperbanyak SMK sebagai Pusat Keunggulan (SMK PK).

Meningkatkan kerja sama dan peran serta berbagai pihak dalam meningkatkan akses dan mutu layanan pendidikan, seperti BAZNAS, perguruan tinggi dalam dan luar negeri, Tanoto Foundation, dunia usaha, dan lain-lain. Inilah yang di laukan Pemprov Riau dalam menyiapkan SDM unggul berdaya saing melalui pendidikan merupakan tanggung jawab bersama yang merupakan investasi masa depan bagi keberlanjutan kemajuan negeri, bangsa, dan negara.(zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar