Masa Pj Walikota Pekanbaru Diperpanjang, ASITA Riau Titip Sektor Pariwisata Jadi Prioritas

  • Rabu, 24 Mei 2023 - 17:44:08 WIB | Di Baca : 377 Kali

 

 

Seriau,- Masa jabatan Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun diperpanjang hingga tahun 2024. ini disambut baik DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia /  Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Riau.

Ketua DPD ASITA Riau, Dede Firmansyah berharap Pj Wako bisa memprioritaskan sektor pariwisata. Sebab sebelumnya sektor ini belum dimaksimalkan, terutama anggaran untuk dinas terkait.

" Pj diperpanjang masa tugas, berarti ada kepercayaan untuk beliau melanjutkan tugas di Pekanbaru. Semoga ini hal baik. Semoga Pak Muflihun masih memberi ruang cukup untuk pariwisata, terutama APBD untuk dinas terkait," harap Dede, Selasa (23/5/2023).

"Ada potensi ratusan miliar rupiah bisa menjadi sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah) didapat dari bidang pariwisata ini. Baik hotel, tempat wisata, restoran. Sementara alokasi untuk dinas terkait serapan tidak banyak. Jangan ragu fokus pariwisata," harap Dede.

Dirinya mencontohkan PAD pariwisata bisa dicontoh di daerah-daerah yang ada di Sumatera Barat (Sumbar). Bagaimana desa-desa bisa hidup dan memberikan PAD untuk kabupaten/kota di Sumbar.

"Bisa kita lihat saja pariwisata Sumbar maju. Atau mau jauh lagi contohnya Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah, itu desanya bisa membuat Bumdes yang omzet ratusan miliar rupiah dari empat mata air. Semoga Pj dapat mengubah Pekanbaru lebih bertuah. Sesuai julukannya.

Jadi pengunjung Pekanbaru bukan sekedar banyak turun dari bandara, tapi juga memberikan income penghasilan untuk PAD," harap Dede.(rls/zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar