Target 5 Besar, 398 Siswa SMA dan MA di Riau Ikut Pembinaan OSN Tingkat Provinsi

  • Senin, 22 Mei 2023 - 19:33:21 WIB | Di Baca : 809 Kali

 

Seriau,- Sebanyak 398 siswa SMA dan MA se Provinsi Riau menjalani Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Provinsi, Senin (22/5). Para siswa terbaik dari kabupaten kota ini akan mengikuti pembinaan selama 4 hari mulai tanggal 22 hingga 26 Mei.

Kegiatan pembinaan OSN Tingkat Provinsi dibuka oleh Kabid SMA Disdik Riau Pahmijan. Dalam arahannya, Pahmijan berharap agar Riau bisa masuk dalam 5 besar pada OSN tingkat nasional. Jika dibandingkan tahun lalu, Riau menoreh prestasi 8 besar nasional dengan memperoleh 3 medali emas, 5 perak dan 10 perunggu. Selain itu siswa juga berhasil meraih juara 1 untuk kategori Best Theory dan juara 1 untuk kategori Absolute Winner.

Pencapaian OSN ini turun jika tahun sebelumnya dimana Riau mampu masuk 4 besar nasional tahn 2021." Tahun kini kita targetkan Riau masuk 5 besar nasional. Tahun lalu kita berada di 8 besar nasional," kata Pahmijan, Senin (22/5) di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru

Kendati menargetkan 5 besar nasional, tidak tertutup kemungkinan Riau bisa masuk 3 besar nasional. Rasa optimis ini dilihat dari  banyaknya siswa yang ikut OSN Provinsi." Dari pembinaan OSN ini, bapak berharap siswa yang ikut pembinaan bisa lolos ke OSN tingkat nasional. Pesan kepada peserta agar mengikuti pembinaan OSN tingkat provinsi ini sebaik baiknya," ujar Pahmijan

Sementara itu ketua panitia pembinaan OSN Provinsi Elvira Yuaningtias mengatakan jumlah peserta yang ikut pembinaan sebanyak 398 orang dari 8 bidang lomba dengan rincian bidang Ekonomi 38 orang, Biologi 45 orang, Astronomi 47 orang, Fisika 46 orang, Geografi 49 orang, Infomarika 54 orang, Kebumian 44 orang, Kimia 47 orang  dan Matematika 27 orang. Sedangkan pendamping 1 orang masing masing MKKS. Sebagai nara sumber pembinaan OSN berasal dari Pelatos Nasional Indonesia.

Tujuan dari pembinaan OSN ini untuk mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dengan prestasi internasional sehingga mampu sebagai perintis pembangunan melalui Imtek dan teknologi untuk mewujudkan bangsa yang unggul." Kami ingin dengan kegiatan ini mendorong pemerataan prestasi serta menciptakan atmosfer berolimpiade dan berpretastsi yang sehat dan kompetitif," kata Elvira. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar