Kolaborasi UIR Bersama UTP Dalam Program Chemistry Explorace Tentative

  • Selasa, 09 Mei 2023 - 20:32:23 WIB | Di Baca : 262 Kali

 

Seriau,- Setelah Universitas Islam Riau (UIR) aktif melakukan beberapa kegiatan bersama Universitas Teknologi Petronas (UTP) Malaysia beberapa hari terakhir, hari ini Selasa, (09/05/2023) kembali dilakukan kolaborasi antar keduanya dalam program Chemistry Explorace Tentative, berlangsung di Labor Dasar Teknik UIR.

Chemistry Explorace Tentative merupakan salah satu bentuk kegiatan station-to-station yang dilakukan oleh siswa SMA tentang percobaan di bidang Kimia. Adapun siswa yang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari siswa SMK Teknologi Riau dan SMK Bumi Melayu Riau.
Ayyi Husbani, ST MT selaku dosen pembimbing kegiatan menjelaskan terdapat sekitar 5 stasiun yang tersedia di mana setiap stasiun akan melakukan sekitar dua percobaan sehingga memiliki total 10 percobaan.

Percobaan yang dilakukan tidak rumit mengenai kimia secara menyenangkan untuk mencari fakta. Eksperimen yang sedang dilakukan ini akan memicu minat dan keingintahuan para siswa. 
“Kegiatan ini tentunya sangat menyenangkan dan membuka wawasan siswa. Melalui eksperiment yang ada akan mengenalkan bagaimana teknologi yang ada di UIR ataupun UTP kepada siswa SMK yang ada di Riau”, sebut Ayyi Husbani, ST MT saat diwawancarai secara langsung.

Terdapat 4 eksperimen dalam program Chemistry Explorace Tentative ini, terdiri dari Egg in different density solution lava lamp, Exploding Volcano, 3D Molecular Model, Electric Conductivity of substance based on electrochemistry.

Lebih lanjut Ayyi Husbani, ST MT menjelaskan, platform ini akan memberikan kesempatan untuk memperluas pengetahuan kimia siswa karena mereka akan memiliki pengetahuan dasar kimia. Diharapkan eksplorasi Kimia ini mampu meningkatkan jumlah siswa di masa yang akan datang dalam melanjutkan studi di bidang Kimia. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar