Tiga Tahun Menuntut Ilmu, Ratusan Siswa Kelas XII SMAN 8 Pekanbaru Dikembalikan ke Orangtua

  • Senin, 08 Mei 2023 - 19:05:49 WIB | Di Baca : 419 Kali

 

Seriau,- Setelah tiga tahun menuntaskan masa pembelajaran di sekolah, ratusan siswa kelas XII SMAN 8 Pekanbaru di kembalikan ke orangtua. Penyerahan siswa ke orangtua ini digelar usai upacara bendera, Senin (8/5) pagi

" Saya ucapkan selamat karena mereka dinyatakan lulus dari SMAN 8 Pekanbaru. Atas nama pimpinan dan majelis guru kami ucapkan terimakasih kepada anak-anak kami yang telah meraih prestasi selama di SMAN 8 Pekanbaru," kata Tavip, dihadapan guru dan siswa, Senin (8/5)

Dikatakan Tavip, beberapa siswa telah banyak menorehkan prestasi yang mengharumkan nama sekolah di Pekanbaru, provinsi, nasional bahkan internasional. Misalnya, di tingkat nasional ada Danish Rafi yang saat ini tengah mengikuti pertukaran pelajar di Amerika. Selain itu, ada Vannes Wijaya yang telah meraih medali perak di International Olympiad in Informatic (IOI) 2022. Tavip berharap prestasi-prestasi ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI.

Tavip merasa bangga sebab dari siswa yang lulus hari ini, 62 orang di antaranya lulus masuk perguruan tinggi dari jalur prestasi. Kemudian, 1 orang Nanyang University, 1 orang lulus program internasional di Kanada, 1 orang lulus Fakultas Kedokteran Internasional UI serta ada 1 orang lagi atas nama Alifa yang lulus di Universitas Islam Negeri Bukittinggi  dengan jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional - Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN).

" Artinya ada 66 siswa yang dinyatakan lulus perguruan tinggi berdasarkan prestasi. Sisanya, diharapkan berjuang dengan baik. Bisa lulus di perguruan tinggi yang diminati," kata Tavip

Menurutnya, kelulusan tidak hanya didukung prestasi akademik siswa. Hal yang terpenting adalah karakter si siswa. Untuk itu, dia berharap siswa mampu menjadi individu berkarakter baik bagi lingkungan masyarakat.

Tavip juga mendorong kepada siswa agar tetap menjalin komunikasi, tali silaturahmi sebaik mungkin dengan rekan dan guru. "Hubungan yang baik ini harus terjaga sampai kapanpun. Kepada orangtua siswa, saya  memohon maaf jika selama siswa menempuh pendidikan ada kesalahan yang mereka lakukan," ujarnya

Tidak hanya kepada siswa kelas XII, Tavip juga menyampaikan pesan kepada siswa kelas X dan XI, kurang lebih satu bulan akan ada pelaksanaan penilaian akhir semester. Untuk itu, ia meminta para siswa mempersiapkan diri agar hasilnya optimal.

Sementara, Ketua Komite SMAN 8 Pekanbaru, Kampriwoto menyampaikan bahwa sudah tiga tahun lamanya siswa belajar di sekolah ini. Dengan segala plus minusnya. Dirinya juga mengucapkan selamat kepada siswa yang telah lulus. Terutama pada siswa yang telah lulus di perguruan tinggi negeri.

Bagi yang belum mendapat tempat kuliah, dia menyebut masih banyak jalan untuk menempuh pendidikan tinggi. Dia juga menitip pada siswa agar menjaga nama baik almamater. Apalagi selama ini nama baik alumni SMAN 8 Pekanbaru sudah banyak didengar di banyak kampus.

dr Diana Tabrani yang mewakili orangtua siswa kelas XII menyebut guru adalah orang yang luar biasa. Ia berterima kasih kepada guru yang telah mendidik para siswa dalam tiga tahun terakhir. Sekarang ada pergeseran nilai dan adab pada generasi muda negeri ini. Dia berharap, ada perbaikan pada adab generasi muda. Karena berilmu saja tidak cukup tapi perlu juga berakhlak.(zal)
 





Berita Terkait

Tulis Komentar