Diresmikan Gubri , Halal Fair BRK Syariah Diikuti 30 Pelaku UMKM di Riau

  • Senin, 10 April 2023 - 16:41:02 WIB | Di Baca : 412 Kali


SeRiau - Pekanbaru  - Bazar Ramadhan UMKM Halal Fair Bank Riau Kepri (BRK) Syariah di halaman Masjid Raya An-Nur, diikuti sebanyak 30 pelaku UMKM di Riau.

Bazar Ramadhan UMKM Halal Fair Bank Riau Kepri (BRK) Syariah itu diresmikan langsung oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi didampingi Direktur Utama (Dirut) BRK Syarian Andi Buchari.

Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi mengatakan, Riau Halal Fair ini digelar untuk menindaklanjuti terpilihnya Riau sebagai tuan rumah halal fair nasional. Sebagaiman diketahui, Riau masuk dalam 8 Provinsi di Indonesia yang ditunjuk sebagai Provinsi yang akan menjalankan program nasional Halal fair tahun 2023.

Program ini tambah Syamsuar, nantinya akan menjadi wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah.

"Riau Halal Fair ini juga dalam rangka untuk menjaga amanah dari komite nasional ekonomi dan keuangan syariah (KNKES) yang telah memilih Riau untuk masuk dalam 8 provinsi yang diharapkan menggerakkan ekonomi syariah daerah," ujar Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi.

Kegiatan itu kata Gubri lagi juga dalam rangka milad ke 57 BRK Syariah. Bazar Ramadhan serupa juga dilakukan di beberapa masjid lainnya dan khusus bazar fashion muslim juga diadakan di mal.

"Bazar fashion muslim ini juga termasuk dalam rangka gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia, sekaligus melaksanakan kegiatan pengembangan ekonomi syariah dengan lebih menampilkan produk-produk makanan, minuman, fashion termasuk kosmetik halal yang merupakan kebutuhan dari masyarakat," ucap Gubri.

Dalam kesempatan itu Gubri bersama Dirut BRK Syariah meninjau stand dan sempat berbincang dengan peserta bazar Riau Halal Fair. Para pelaku UMKM yang berjualan menyampaikan respon masyarakat terhadap bazar ini sangat bagus dan mereka jualan sampai malam.

"Mari manfaatkan bazar ini untuk ajang pengembangan ekonomi syariah sekaligus berbagi rezeki di bulan Ramadhan," ungkap Gubri.

Selanjutnya Dirut BRK Syariah Andi Buchari menyampaikankan, stan bazar yang ditampilkan di Halal Fair ini berjumlah 30 pelaku UMKM. Stand-stand ini gratis dan bagi pelaku UMKM yang menjadi mitra BRK Syariah.

"Ini bagaimana kita membentuk ekosistim syariah. Eko sistim Syariah itu adalah pelaku UMKM," ujar Andi.

Makanya kata Andi, begitu ada program KNEKS yang dilanjutkan oleh KDEKS Riau, pihaknya menyambut baik. Dengan menggelar bazar Ramadan Halal Fair.

Terkait ada kemungkinan penambahan pelaku UMKM yang ingin berpartisipasi dalam bazar ini, Andi mengaku tergantung dari Badan Pengelola Masjid Raya An-Nur. Pihaknya sendiri siap menyediakan stand bagi yang berminat.

Saat bersamaan, BRK Syariah juga menggelar kegiata milad dan menyerahkan santunan kepada 57 orang anak yatim. Kemudian dilanjutkan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara BRK Syariah dengan PW Muhammadiyah Riau tentang peluncuran kartu ATM BRK Syariah sebagai kartu keanggotaan PW Muhammadiyah Riau. 

Selain itu pihak BRK Syariah juga memberikan penghargaan kepada karyawan dan menyerahkan hadiah pemenang logo Milad ke 57 serta gelar buka bersama. 

MoU itu ditandanganni Dirut BRK Syariah Andi Buchari dan Ketua PW Muhammadiyah Riau Dr Hendri Sayuti MAg

Turut mendampingi Gubri Syamsuar Kepala Bapenda Riau H Syahrial Abdi, Kepala Dinas Pariwisata Roni Rahmat, Kepala Dispora Boby Rahmat, Kadis Kebudayaan Yoserizal Zen. Sejumlah Direksi dan Komisaris jajaran BR Syariah. (rn)





Berita Terkait

Tulis Komentar