UMRI Serahkan Santunan Uang Tunai Untuk 1.000 Duafa di Pekanbaru

  • Ahad, 09 April 2023 - 09:41:34 WIB | Di Baca : 475 Kali

 

Seriau,- Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dan Badan Amil Zakat (Baznas) Riau menyalurkan bantuan kepada 1.000 duafa, Sabtu (8/4) di lapangan parkir kampus UMRI

Penyerahan santunan ini juga dibanrengi dengan berbuka puasa bersama. Sebelum acara penyerahan santunan, diadakan doa dan tausyiah singkat dari Ketua PW Muhammadiyah Jawa Tengah, Dr Tafsir.

Rektor UMRI, Dr Saidul Amin, MA mengatakan kegiatan ini merupakan puncak rangkaian syiar Ramadhan UMRI. Kegiatan ini bekerjasama dengan Baznas Riau. Jumlah santunan yang diberikan sebanyak 1.000 kaum duafa di Pekanbaru. Masing-masing penerima santunan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 500 ribu.

" Total dana yang disalurkan sekitar Rp1,3 miliar berasal dari Baznas Riau sebesar Rp 500 juta. Selain itu juga ada, donatur dari seorang pengusaha Riau bernama H. Law sebanyak Rp 100 juta, pihak Bank Riau Kepri Syariah dan pihak donatur lainnya," kata Saidul Amin, Sabtu (8/4).

Kegiatan ini, kata Saidul, sebagai rasa kepedulian kepada sesama masyarakat yang membutuhkan dengan harapkan dari doa mereka lah, UMRI semakin baik lagi di masa mendatang.

Rektor berharap bantuan berupa uang tunai ini para duafa memenuhi kebutuhan hidupnya. Terlebih, kondisi ekonomi saat ini belum terlalu baik. Para duafa bisa mendoakan UMRI di tengah-tengah masyarakat. Termasuk mendoakan UMRI agar menjadi perguruan tinggi yang lebih baik lagi ke depannya." Doa-doa yang baik dari kaum duafa akan didengar oleh Allah," kata Saidul

Selain penyerahan bantuan, UMRI juga memiliki sejumlah kegiatan selama bulan ramadhan seperti, sejumlah perlombaan, baitul arqom untuk mahasiswa yang purna studi, baitul arqom untuk karyawan dan pimpinan serta kegiatan lainnya.

Sementara Gubernur Riau, Syamsuar yang hadir dalam acara tersebut mengatakan apa yang dilakukan oleh UMRI ini patut diapresiasi. Apalagi, jumlah kaum duafa di Pekanbaru sekitarnya masih tergolong banyak. Membantu kaum duafa merupakan tugas bersama. Terlebih di bulan ramadhan dimana umat Islam didorong melakukan kebaikan dan saling berbagi dengan sesama. Salah satu tujuannya adalah kaum duafa.

" Saya berharap, tidak hanya UMRI beramal dan membantu kaum duafa, kalangan yang punya rejeki lebih di bulan ramadhan ini juga melakukan kegiatan serupa. Dia mendoakan, semua yang turut membantu duafa memperoleh amal ibadah yang baik," kata Gubri.

Acara santunan juga dihadiri Ketua PWM Riau, Dr Hendri Sayuti dan pengurus PWM Riau, para wakil rektor, dekan dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar