2023, TV Hotel dan Media Penampil Digital Jadi Fokus Perangkat Solusi Bisnis LG

  • Rabu, 05 April 2023 - 15:53:17 WIB | Di Baca : 466 Kali

SERIAU — Beriring dengan berbagai inovasinya pada perangkat elektronik untuk kebutuhan pengguna langsung, PT. LG Electronics Indonesia (LG) pun agresif dalam memperkenalkan perangkat inovatif bagi pemenuhan kebutuhan pelaku bisnis. Pada tahun ini, perusahaan berbasis di Korea Selatan tersebut menetapkan TV hotel bagi fokus utama pemasarannya di Indonesia.

“Bersama laju pengembangan perangkat pintar bagi pengguna langsung, jajaran TV hotel ini disiapkan untuk memberikan pengalaman kepintaran yang sama bagi tamu sekaligus solusi kemudahan dan biaya lebih efisien bagi pelaku bisnis perhotelan,” ujar Head of IT & ID B2B LG Electronics Indonesia Agustian Yusetia kepada awak media, Rabu (5/4). 

LG juga memperkenalkan berbagai varian media penampil digital inovatif untuk mendukung komunikasi bisnis lebih efektif diantaranya, TV Hotel Resolusi 4K Dengan Berbagai Kepintaran Memanjakan Tamu Yang Datang

Mendampingi ragam koleksi TV Hotel

"Tahun ini LG juga menawarkan seri TV untuk kebutuhan komersial. Hadir dalam LG UQ series, koleksi lengkap yang menawarkan bentang layar hingga 86 inci ini menawarkan resolusi 4K Ultra HD. Masing-masing modelnya yaitu UQ751C untuk pilihan layar dari 43 inci hingga 65 inci, UQ801C dengan layar 75 inci serta UQ901C yang bentang layarnya mencapai 86 inci," ucap Agustian Yusetia.

Kecerdasan dari fungsi smart TV yang dibawa koleksi ini, hadir dengan dukungan penuh platform LG WebOS Smart TV. Termasuk didalamnya, ketersediaan berbagai aplikasi populer seperti Netflix, Disney Hotstar dan lainnya. Seperti pula Smart TV LG dengan WebOS, keseluruhan koleksi ini dilengkapi dengan LG Magic Remote Control untuk kemudahan navigasinya.

Bagi penggemar film misalnya, fitur Active HDR membuat tamu dapat menikmati berbagai film dengan warna lebih dramatis berkat rentang pencahayaan lebar yang membuat tiap detail terpapar baik pada layar. Kemudian, bagi pecinta tayangan olahraga, adanya Bluetooth Surround Ready membuatnya siap memberikan dimensi suara lebih melingkupi seluruh ruang yang membuat nuansa selayak berada di tengah stadion. Disisi lain, tamu juga dapat memanfaatkan fitur Sport Alert yang bakal memberi pengingat jadwal tim favorit berlaga sehingga tak membuatnya ketinggalan pertandingan penting.

Khusus bagi pecinta game, pengalaman kesenangan memainkannya di rumah pun bakal dapat diciptakan kembali dalam kamar hotel melalui fasiliitas HGiG. 

Sementara bagi pemilik bisnis perhotelan, inovasi yang dibawa TV hotel terbaru LG ini pun memberikan manfaat tinggi. Dengan fokus bagi efisiensi biaya, manfaat ini termasuk semakin minimnya resiko kerusakan unit, pengaturan sistem dengan perangkat tambahan lebih sedikit dan pengaturan menu lebih mudah sekaligus menarik untuk memasarkan layanan hotel pada tamu.

Perlindungan lebih tinggi bagi kemungkinan kerusakan unit, salahsatunya dilakukan LG melalui terapan lapisan conformal pada papan sirkuit utama kelistrikan TV. Penyederhanaan konektivitas tanpa perlu ruang serta perangkat tambahan, hadir melalui fungsi LAN out pada TV Hotel LG ini. 

Tak hanya itu, penggunaan Software-enabled Access Point (SoftAP) dalam TV hotel LG ini membuat TV dapat sekaligus berfungsi sebagai hotspot nirkabel. Fasilitas ini juga mendukung Bridge Mode yang membuat administrator dapat melakukan pengaturan informasi seperti tingkat sinyal, password dan lainnya untuk manajemen penggunaan.

Pemilik bisnis hotel pun dapat melakukan pengaturan menu home dengan mudah tanpa perlu keahlian khusus dalam rancangan pemrograman. Hal ini karena didalam TV hotel ini LG menyediakan menu model (template) untuk kemudahan pengaturan pesan selamat datang maupun untuk mempromosikan layanan hotel lainnya. 

Pro:Centric TV Hotel, Pilihan Kecanggihan Yang Memberi Kenyamanan Tamu dan Pemilik

Bagi pelaku usaha hotel yang menginginkan kemudahan dalam manajemen pada TV dalam tiap kamar hotelnya, LG pun memperkenalkan LG Pro:Centric TV hotel terbaru. 

Pertama yaitu LG Pro:Centric Value. Varian ini pemilik hotel dapat melakukan pengaturan channel TV lebih menarik dengan tampilan ikon, informasi cuaca dari AccuWeather, membuat pesan informasi layanan hotel dengan template menarik dan instalasi mudah melalui USB cloning.

Kustomisasi untuk memberikan sentuhan lebih pribadi bagi tamu pun dapat dilakukan diantaranya melalui pengaturan pesan sambutan dengan langsung menuliskan nama tamu. Disisi lain, tamu juga dapat memperoleh informasi total biaya sementara dari seluruh layanan yang digunakannya langsung pada TV di kamar tanpa harus ke meja kasir. Fasilitas dalam LG Pro:Centric Value juga membuat tamu dapat melakukan pengaturan alarm untuk pengingat jadwalnya dengan memanfaatkan TV.

LG Pro:Centric Direct menjadi pilihan bagi pelaku usaha untuk manajemen pengaturan yang lebih kompleks. Dengan lebih banyak TV tersambung dalam satu server, layanan ini memberi fleksibilitas kustomisasi lebih tinggi yang salahsatunya melalui kemudahan melakukan pengaturan khusus bagi grup tertentu untuk mendapat perlakuan konten berbeda.

Dari sisi pembuatan konten khusus, LG Pro:Centric Direct memberi pemiliknya kemudahan lebih dalam pembuatan dengen ketersediaan berbagai template intuitif dan menarik, termasuk pilihan gaya penulisan huruf dan animasi. Sementara dari sisi distribusi konten pun, pemilik memiliki fleksibilitas distribusi konten berbeda pada grup tamu yang berbeda. Hal ini misalnya dapat digunakan untuk memasarkan layanan hotel tertentu sesuai dengan profil tamu yang menginap.

Bila dua jenis layanan LG Pro:Centric sebelumnya masih menggunakan server berupa perangkat keras, LG Pro:Centric Cloud menjadi solusi untuk sistem manajemen konten (Content Management System) melalui keterhubungan penyimpanan awan (cloud). Hal ini memungkinkan pemilik usaha yang memiliki beberapa unit usaha hotel dalam satu grup dapat melakukan penyeragaman dan pembaruan konten sekaligus tanpa tuntutan kehadiran tenaga kerja di masing-masing lokasi dan menghindari penundaan pembaruan konten.

Dari sisi pembuatan pesan promosi bagi tamu hotel, LG Pro:Centric Cloud dibuat memiliki fasilitas lebih lengkap dalam pilihan tampilan antarmukanya. Kelengkapan tersebut termasuk ketersediaan opsi Bahasa lebih banyak, informasi cuaca hingga informasi jadwal penerbangan. Selain itu, LG Pro:Centric Cloud memiliki ruang Partner Center untuk menampung layanan tambahan lain dari pihak ketiga.

LG Pro:Centric Smart menjadi layanan yang memberi fleksibilitas paling tinggi bagi urusan konten TV hotel. Pasalnya, selain memiliki berbagai fasilitas dari varian LG Pro:Centric lain, jenis ini memberikan pemiliknya kemampuan untuk membuat dan menanamkan aplikasi sendiri didalam TV. Dengan pengembangan menggunakan HCAP library dan basis HTML5, aplikasi yang dibuat dapat mengendalikan perangkat TV atau pun terhubung untuk mendapatkan informasi dari sumber Pro:Centric.

Ragam Varian Media Penampil Digital Bagi Berbagai Kebutuhan

Selain pengembangan besarnya pada hotel TV, fokus LG tahun ini bagi solusi bisnis ada pada inovasi berbagai varian media penampil digital. Terbagi dari panel berbasis LED, LCD hingga OLED, berbagai bentuk dan fitur didalamnya dibuat untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna dalam menampilkan pesan promosi pemasaran maupun kebutuhan komunikasi lebih baik.

Untuk kebutuhan bagi penunjang kegiatan perkantoran misalnya, LG memiliki rangkaian standard professional/business display untuk mendukung pertemuan bisnis, interactive digital board dengan fungsi multi touch yang bak papan tulis digital bagi kebutuhan pertemuan yang membutuhkan interaksi lebih dari pesertanya, hingga video wall yang menjadi rangkaian besar dari beberapa media penampil yang dapat digunakan dalam ruang kendali untuk kemudahan pemantauan kerja di lokasi berbeda.

Bagi pelaku bisnis yang membutuhkan komunikasi produk pada publik, LG menyediakan ragam media penampil dalam ruang untuk penggunaan seperti di restoran maupun pusat perbelanjaan. Yang tercanggih diantara pilihan ini yaitu OLED dengan layar transparan yang memungkinkan publik dapat memperoleh informasi dari layarnya, sekaligus melihat langsung produk yang dipampang dibaliknya.

High Brightness display menjadi varian media penampil digital yang disiapkan LG bagi kebutuhan komunikasi luar ruang. Tingkat kecerahan layarnya yang tinggi menjadikannya tetap dapat menampilkan informasi dengan menarik lewat layarnya tanpa distorsi visual. Sementara untuk kebutuhan tampilan komunikasi pemasaran yang menjangkau publik dalam jumlah lebih besar, LG memiliki pilihan layar raksasa hingga 136 inci yang dapat digunakan untuk kebutuhan dalam ruang maupun luar ruang.

Untuk mendukung kinerja media penampil digital ini dalam skala penggunaan yang besar, LG pun menyiapkan dukungan layanan khusus dengan dua fokus yaitu bagi kepentingan manajemen konten dan untuk keperluan pemantauan kinerja serta perbaikan saat terjadi kendala unit.  

Termasuk dalam kepentingan manajemen konten yaitu ketersediaan fasilitas yang memungkinkan penggantian konten dari jarak jauh berbasis web hingga pembuatan ataupun perubahan bagian konten langsung secara mudah untuk kemudian dibagikan pada berbagai layar media penampil yang terhubung.

Sementara bagi pemantauan kinerja dan perbaikan kendala, salahsatunya melalui LG ConnectedCare. Keterhubungan dengan fasilitas ini memberikan layanan pemantauan perangkat berbasis cloud dalam waktu nyata sehingga memastikan tindakan penanganan yang diperlukan dapat dilakukan tepat waktu. Fasilitas SuperSign+ Control disisi lain, dibuat untuk melakukan pengaturan dari jarak jauh sekaligus memberikan notifikasi pada pemilik saat terjadi kendala unit.

“Dengan seluruh kecanggihan yang dibawa berbagai varian dari media penampil digital LG ini, dibuat sejalan dengan perkembangan menuju terwujudnya kota pintar di Indonesia,” ujar Agustian. Hal inilah yang membuatnya optimis, berbagai varian yang disiapkan LG ini akan mendapat penerimaan positif dari berbagai pelaku bisnis. “Berbagai inovasi pada unit sekaligus dukungan dalam layanan yang berpadu dengan reputasi besar LG dalam industri perangkat elektronik akan menjadi modal dasar yang kuat untuk menawarkan berbagai solusi ini bagi berbagai pelaku bisnis sesuai kebutuhannya,” ujar Agustian lagi. (rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar